pasang kaki palsu macan yang pincang

Masang kaki palsu macan emang susah-susah gampang. Kadang si macan suka bandel saat mau dipasangin tuh kaki…

Tapi tenang, aku tau bukan mahasiswa Kedokteran Hewan alias KH (asal bukan kedokteran homo…). Lagian macan yang aku maksud adalah peliharaanku si Tiger 2000 alias MyBlackBro. Dan kaki palsunya juga bukan kaki palsu beneran tapi kaki besi berupa swing arm plus monoshock.

model monoshock yang lama

model monoshock yang lama

Udah dari bulan Januari kemarin aku berencana ganti swing arm plus monoshock sistem uni-track. Gara-garanya adalah kebosananku dengan sistem monoshock yang sebelumnya yang tipe konvensional dengan dudukan atas di sasis dan dudukan bawah di jembatan swing arm.

Sistem konvensional udah kupake di motorku sejak 2004, jadi masa baktinya udah 5 tahun. Sesuai siklus pemilu 5 tahunan maka monoshock-ku jg harus segera berganti.

Sebenernya yang aku idam-idamkan adalah paket swing-arm plus monoshock bikinan KUMIS. Yang kusuka adalah sistem unitrack yang tanpa lepas filter box dan standar tengah. Juga kualitasnya udah dibuktikan oleh banyak pengguna Tiger. Tapi sayang harganya yang lebih dari 1,2 juta bikin aku minder,padahal itu harga di jakarta gimana kalo udah nyampe jogja coba!

Alternatif jatuh pada merek Pro Performance. Kalo kuliat konstruksi unitrack-nya mirip Kumis. Namun plat-platnya jauh lebih tipis dan baca di honda-tiger.or.id pernah ada kejadian plat unitracknya sobek. Kalo ini harganya lebih terjangkau, swing-arm ma unitrack tanpa shock seharga 750 ribu. Tapi sayang lebih 2 bulan aku muter-muter jogja buat nyari nih swing arm pada kosong semua!!!

Akhirnya setelah bosan kelamaan nunggu takutnya malah duitnya menguap kemana-mana, kuputuskan ambil swing arm yang dijual AAP Motor Condongcatur. katanya sih bikinan Solo, handmade sih… Modelnya kotak biasa tapi dimensi bagian ujungnya lebih  lebar jadi pasti muat pake ban lebar 160/60-17 kalo-kalo entar pengen ganti ban lebar ini. Tapi jujur finishing kurang rapi dan sedikit meragukan, tapi karena si bosnya udah menjamin kualitasnya dan katanya udah banyak yang pake akhirnya kuputusin buat ambil nih barang.

Lagian harganya cukup murah. Swingarm plus pasang lengkap dengan unitrack-nya seharga Rp 350 ribu saja. Ditambah shock-nya YSS buat Honda NSR seharga Rp 300 ribu. Jadi total swing arm plus shock 650 ribu. Cukup hemat…

swing arm + monoshock YSS

swing arm + monoshock YSS

Gak nunggu lama, Rabu (20/5) pagi menuju AAP Motor buat ijab kabul. Langsung proses eksekusi.

hasil

shock bisa masuk dengan penyesuaian

Butuh beberapa penyesuaian pada sasis. Gambar atas, yang dilingkari ijo kanan-kiri, sub frame bagian bawah harus sedikit digetok sampe agak rata biar monoshock bisa masuk di antara dua batang sasis. Kalo lingkaran merah, itu ganjel standar tengah harus dibuang dengan cara digerinda, lagian standar tengahnya harus dipensiunkan kok!

Setelah eksekusi seharian, akhirnya jadi juga.

aduh fotonya keburu gelap...

aduh fotonya keburu gelap...

tampak belakang

tampak belakang

tampak kanan belakang

tampak kanan belakang

Setelah swing arm dan shock berhasil dipasang ternyata masih perlu bikin as roda belakang yang lebih lebar. Maklum emang swing arm-nya kan lebih lebar minimal 6 cm. Terpaksa mesti bikin as roda di tukang bubut. Alhasil motor mesti ditinggal lagi di bengkel.

Secara over all sih jujur, tanpa bermaksud menjelek-jelekkan. Hasil pemasangannya kurang rapi. Masang roda belakang, setting bos roda tambahan gak oke. Roda keliatan banget lebih geser ke kiri, gak center sama sekali. Trus dudukan kaliper, gak disesuaikan ulang dengan lengan ayun baru dan masangnya cuma dipaksain merapat ke arm alhasil ngerem mulu!

Terus dudukan monosok bawah juga gak center, lebih geser ke kanan jadi kalo shock dilihat dari belakang keliatan bawahnya lebih kanan. Trus salah satu “kuping” dudukan baut sok atas terdapat sambungan las-lasan tepat di lubang baut, ini kuat gak yah? Bikin ragu aja…

Mungkin karena mekaniknya kali yah yang kurang berpengalaman dan terkesan asal pasang. Okelah entar kalo aku ada waktu luang beberapa hari bakal kuberesin sendiri aja. Tapi sayang sampai saat ini aku belum dapet waktu luang yang cukup.

~ by si_kumbang on 14 June 2009.

14 Responses to “pasang kaki palsu macan yang pincang”

  1. Hm……..

    Nasib bro sama dg nasib ane???????????

    Butuh buanyak penyesuaian bhkan pny ane ud gnti monoshock dr NSR Imitasi ke YSS (NSR) n ganti dudukan udh 3x di bengkel las. N motor ga bs buat kenceng ky berat bgt. Ni skg masih benerin motor sendiri aj cz menurut q yg taw motor qt y qt sendiri. oh iy sekedar tambahan motor ane Thunder 125 pasang monoshock d t4 yg sm pk sistem konvensional n buat lari roda belakang rs nya ky geal-geol gt.

    Salam Modifikasi aj dye?????

  2. Ooo iy buat ngobrol2 mendingan @ facebook ane aj y????Ane jg pengen tw ni kelanjutan modif motr ente??????????? Byr dpt pengalaman bnyk gt????????? riza_buper07@yahoo.co.id

  3. salam kenal bro…

    sampe skrg mtrku msh apa adanya, sejak ganti monosok itu Mei kmrn sampai hr ini blm diapa2in lg.. blm sempet soalnya, mana waktu itu keburu ditinggal 2 bulan buat KKN.

    emg ente pasang monosok itu dmn bro?
    OK aku add FB-nya, FB ane “fikri rahmaniar”

  4. salam kenal bro…

    Oooo selama masih enak si ga ap. Kl kasus pada motor ane tu rante terlalu pjg. jd ga enak bgt kl jalan suara rantai nyentuh besi rangka. trz motor jd berat n top speed ny berkurang. kl pd motor ane si spt itu.

    eleh anak UGM jg to?????? Fakultas ap?????

    Aq d Pertanian angktan ’07

  5. kl mtrku, karena sumbu roda tetep jd gak ada masalah ma rante n speed. cuma ada mslh di kestabilan n cakram belakang yg dudukan kalipernya gak center lg gara2 nyesuain ma swingarm yg lbh lebar tp blm bener settingnya..

    iya neh aku MIPA Elins 06, jurusan apa km? tmn2ku jg banyak ank pertanian kok…

  6. Ooo gt yo????brt tgl benerin dkt jd dund?Kl mtr q tak tw ni gmn nsb e ntar he3.

    Tmn2 ente sp dipertanian angkatan brp sp tw knl he3. q pny tmn anx elins 06 (Kl ga slh) nm ne Yudi sanjaya, tw ga?

  7. ya alhamdulillah tinggal dikit2 lg beres lah…
    puas jg ngegarap motor sendiri en bs lebih rapi…kalopun gak rapi ya minimal kerjaan sndiri lah!hahaaa
    emg mtrmu diapain lg bro?

    tmn2ku banyak anak tanah 06…
    wah kl yudi sih kenal bgt,orang kita 1 kelas kok kuliah bareng terus…heheh

  8. kenalin Juragan, saya Otto,
    saya mau nanya boleh dong….!
    Saya punya Susuki Shogun 125 Th ’05,
    saya pingin ganti dengan monoshock,
    kira2 habis berapa ya..!
    Thx

  9. habisnya mungkin mirip2 kayak aku yah, soalnya shogun dibikin monosok bakal lebih rumit, soalnya komponennya lebih kecil2 dibanding Tiger. Coba aja konsul ke bengkel modif terdekat..

  10. kl pk monoshock ny NSR gmn bos, bs setabil g y?…thnks

  11. pngen modif tp ga tw mu blanja dmn yg pnya
    ….brang bagus ,harga cocok..

  12. pengalaman di aap bro, disana jangan pernah pasang acecoris, beli nya aja disana, karena harga lebih murah, untuk pasang nya mending di bengkel yg pengalaman aja,

    https://www.facebook.com/henrynoviandhie?ref=tn_tnmn

  13. Ane baru beli nih arm kumis sama velg 4,5 inch sama ban 150 , kalo buat di tiger plug n play ga ? Atau harus make spacer

  14. barang yg dijual disana emang ada yg mantap & ada yg kurang mantap.
    tips nih, kalo dah nemu barang yg bagus & cocok buat ente, sebaiknya pasang di tmpt lain aja/spesialis pasang aksesoris/kaki-kaki.. tmn kostan ane beli fairing bagus2 pas dipasangin kyak gak niat gt. tau deh kalo yg lain bgimana.

Leave a comment