Positive Thinking

Optimisme yang sesungguhnya adalah menyadari masalah serta mengenali pemecahannya. Mengetahui kesulitan dan yakin bahwa kesulitan itu dapat diatasi. Melihat yang negatif tetapi menekankan yang positif. Menghadapi yang terburuk, namun mengharapkan yang terbaik. Mempunyai alasan untuk menggerutu tetapi memilih untuk tersenyum

Kata-kata di atas pastinya bukan bikinanku sendiri, tapi kukutip dari sebuah buku berjudul “Setengah Isi Setengah Kosong”.

Meski buku ini udah kubaca sejak setahun lalu waktu lagi KP (Kerja Praktek) di Pusdiklat Migas Cepu, namun pesan soal optimisme ini begitu mengena pada diriku. Setidaknya setiap ada masalah yang kuhadapi dan aku mulai mencari-cari sesuatu yang dapat kupersalahkan, kalimat terakhir dari pesan di atas mencoba meredam keinginan burukku itu.

“Mempunyai alasan untuk menggerutu tetapi memilih untuk tersenyum”, itulah kalimat yang selalu terlintas di kepalaku saat aku mulai mempersalahkan sesuatu atas masalah yang kuhadapi. Meski tak selalu berhasil juga ya😀.

Memang benar. Mekalipun ada sesuatu yang bisa kupersalahkan atas masalah yang kuhadapi, buat apa aku mengeluh? Buat apa aku menggerutu? Buat apa aku terus-terusan menyalahkannya? Apa dengan marah-marah dan menggerutu lalu masalah bakal teratasi begitu saja? Tidak. Yang ada hanya membuang-buang energi dan waktu, membuat otak semakin stres, membebani pikiran lebih berat, yang pada akhirnya tak membuat kita tak bisa berfikir jernih. Energi kita justru akan terkuras selain untuk memikirkan cara keluar dari masalah, juga untuk mempersalahkan sesuatu itu. Alangkah jauuuuuh lebih baik jika menghadapi masalah dengan senyuman. Alihkan energi yang terbuang dengan marah-marah dan menyalahkan untuk tersenyum.

Karena dengan senyuman, perlahan-lahan pikiran akan menjadi jernih. Emosi mereda. Dan memberi suatu aura positif pada diri kita, yang membuat diri kita berfikir bahwa kesulitan ini dapat diatasi lebih mudah.

Hidup itu cuma sekali loh, itupun cuma untuk numpang senyum menikmati keindahan dunia.

~ by si_kumbang on 19 July 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: