True Story About My Black Brother

black-brother tigyku

Kali ini aku pengen cerita ni tentang kisah nyata kehidupan seorang pria yang hidupnya selalu ditemani sudaranya yang berkulit hitam. Dan sebenernya itu adalah aku dan MyBlackBro, Honda Tiger 2000 warna item. Halah, apa sih rada ngaco…

Kisah itu diawali waktu aku duduk di bangku SMP kelas 3 akhir yaitu taun 2003. Aku dibeliin sebuah Honda Tiger 2003 sebagai hadiah ulang taunku yang ke 15, ya walopun itu motor bekas produksi taun 2000. Tapi tetap kuterima dengan sangat2 senang hati! Tau kan gimana rasanya anak SMP yang baru dibeliin motor, apalagi itu adalah Tiger yang bagi dia cukup “wah..”. Waktu motor itu dibeli, dapetnya harganya lumayan miring, seharga 13,5 juta. Padahal harga pasaran waktu itu di Purwokerto sekitar 15-16juta, soalnya pemilik terdahulu lagi buru-buru jual tu motor.

Motor itu aslinya berwarna silver-item. Tipe Cast Wheel. Plat nomernya R 4799 DH. Berhubung itu adalah motor impianku sejak kecil, dan aku paling demen modifikasi motor sejak langganan tabloid Motor Plus kelas 1 SMP, aku mulai belajar modif dari motor ini. Modifikasi yang aku lakuin pertama kali di motor ini adalah ganti lampu sein variasi dan pasang setang jepit bekas yang aku beli cuma 10ribu rupiah. Sekalian bikin nungging motor dengan cara mendekin sok depan.

Saat baru dapet motor itu, kemana-mana aku naik tuh motor. Tiap hari aku mesti naik tuh motor walopun cuma buat muter2 sore, maklum kan waktu tu masih SMP. Setelah masuk SMA, nafsu modifku makin gila. Uang saku sekolahku kutabung-tabung buat ngemodalin modif MyBlackBro. Nggak cuma tau modif dan ngutak-atik Tiger. Saking sayangnya aku ma motor ini, hampir tiap hari kucuci. Pokoknya takkan kubiarkan setitikpun debu nempel di tubuhnya! Tapi aku selalu nyuci sendiri, sampai saat ini aku baru 1 kali bawa dia ke tempat cucian. Bukan apa2, aku lebih puas dan sreg kalo nycu sendiri. Karena aku yang paling ngerti motorku ini gimana harus ngelus dia, aku gak percaya kalo orang lain yang ngelus dia. Sering juga aku poles, tentunya aku poles sendiri juga.

Nih ada foto kala 2004 awal, tapi ada yang ikutan nampang:

tuh si Elly ma Catra ikut nampang

tuh si Elly ma Catra ikut nampang

Saat baru2 masuk SMA, tepatnya Agusuts 2003 aku bikin modif ciptaanku sendiri yaitu ngecat lampu depan-belakang pake cat item bening. Kalo sekarang sih trik itu namanya smoke lampu. Padahal waktu itu sama sekali belum ada loh yang pake trik itu, terutama di Purwokerto. Waktu SMA itu mulai melekat imej bahwa dimana ada aku, disitu ada motorku. Dia selalu menemaniku kemana aku ada, ya dialah pacarku waktu SMA. Kalo orang tanya tentang Fikri, bilang gini, “Oh Fikri yang pake Tiger item yah?”, aku seneng berarti motor itu bener-bener nyatu banget ma aku. Modif tergokil yang pernah aku lakuin adalah, aku pernah ngecat sendiri motorku ini pake semprotan BAYGON! kalo aku pikir sekarang, itu cukup gila. Belagak tukang cat profesional aku ngcat motor kusendiri, pake cat merk NIPPE yang waktu itu cuma seharga 7000 per kaleng kecil dan Thinner IMPALA seharga 7000 juga. Semua aku lakuin sendiri, dari ngerok cat lama, ngemix cat, nyemprot, sampe ngomponnya. Total ngecat waktu itu cuma abis sekitar 50ribu perak! Murah gak tuh??? Itu aku lakuin waktu masih kelas 1 SMP sambil ngisi waktu liburan kelas 3 pada UAN.Selain itu modif lain adalah ganti knalpot racing yang suaranya kayak gledek, pasang monosok, bikin bolong bagian tengah body, dan masih banyak lagi.

Pokoknya waktu kelas 1 SMA, hampir tiap bulan ada aja yang berubah dari motorku. Bahkan temen-temenku sampe apal kalo setiap saat penampilan motorku selalu ada yang berubah. Sampe-sampe aku bisa nularin penyakit gila modifku ke temen-temenku yang tadinya gak suka modif, kayak Dika”piranha”, Catra, dan Elsafan. Sejak saat itu pula aku mulai dapet chemistry ama si MyBlackBro. Sekecil dan sebesar apapun masalah yang hinggap di motor ini, aku tau apa sebabnya. hanya dalam waktu 1 tahun di tanganku, si item ini udah berubah banget tampilannya. Sayangnya waktu udah kelas 2, modif di motor ini agak terhambat. Mungkin gara-gara kelas 2 ini aku jadi tambah suka main jadinya waktu dan duit buat modif motor jadi dikit tersunat. Tapi sebenrnya semangat modif gak pernah padam loh! Saat kelas 2 ini modif paling signifikan adalah ganti ban gede 120/80-18 di belakang dan 100/80-18 di depan. Lumayan mahal loh waktu itu buat ukuran akan SMA yang uang jajannya cuma 30 ribu/minggu. Juga pasang lampu model alien yang di Purwokerto baru aku yang pasang waktu itu. Pokonya prinsip modifku, be the leader not follower. Pokoknya aku maunya yang pertama bikin/pasang, kaku bakalan bete kalo ada motor lain yang nyama2in atau gak sengaja mirip ma punyaku!

ini penampilan MyBlackBro tahun 2004 akhir

ini penampilan MyBlackBro tahun 2004 akhir

Kelas 2 akhir, tepatnya saat liburan naik kelas 3, aku mulai main modif fiberglass. Bikin body dari fiberglass mulai dari body belakang, samping, bawah, spakbor, dan casing tangki. Pengerjaan di KING MOTOR depan lapangan Porka. Harganya lumayan murah walopun finishing sedikit kurang rapi. Saat mulai naik kelas 3 makin terlihat penampilan motorku yang tambah tampil beda. Juga disusul pasang cakram PSM di depan juga pasang cakram belakang dan footstep underbone AHRS.

Kalo ini jaman 2005, body anyar:

nampang ah.. 2005-2

Sampai akhir kelas 3 (pertengahan 2006), kalo diitung-itung total biaya modif yang udah aku keluarin sekitar lebih 3,5 juta. Lumayan banyak juga tuh!

Sayangnya setelah aku kuliah di JOGJA, motor ini kurang mendapat sentuhan modif. Selam hampir 2 tahun baru kembali mendapat sentuhan. Tepatnya bulan Mei 2008 aku baru modif dikit di kaki-kaki yaitu ganti velg tapak lebar merek POWER plus ban depan-belakang yang lebih lebar dari sebelumnya, setelah berjuang ngumpulin duit sekitar enam bulan. Total buat modif velg+ban+ganti rantai sekitar 1,8juta. Project selanjutnya adalah ganti swing arm monosok model unitrack sama rancang ulang body. Ya sekarang sih lagi ngumpul-ngumpulin duit duit dulu moga aja duitnya cepet kekumpul. Doain aja yah!

Segitu dulu cerita about MyblackBro, udah ngantuk banget nih…Masih banyak yang aku mau aku ceritain about MyBlackBro…Besok lagi kusambung yah! Mata udah beraaattt banget nih… seeya!

~ by si_kumbang on 19 March 2009.

8 Responses to “True Story About My Black Brother”

  1. fik tukaran link fik…
    oske???????????????
    ayolah diramein blognya

  2. piye to carane tukeran link…
    gak tau!!!!
    kan aku masih newbie,br bbrp hari aktip ngeblog…

  3. halah dasar padi, semakin berisi semakin merendah dirimu…
    semuanya ada di setting…
    ntar kau sms aja dan ol bareng .. aku lagi diluar kota ne..
    ahahahahahahaha…
    gayane..

  4. km keluar kota kemana to tah?
    bukannya selama ini km sering bolak-balik keluar kota?jogja-bantul…

  5. […] bukan kedokteran homo…). Lagian macan yang aku maksud adalah peliharaanku si Tiger 2000 alias MyBlackBro. Dan kaki palsunya juga bukan kaki palsu beneran tapi kaki besi berupa swing arm plus monoshock. […]

  6. […] bukan kedokteran homo…). Lagian macan yang aku maksud adalah peliharaanku si Tiger 2000 alias MyBlackBro. Dan kaki palsunya juga bukan kaki palsu beneran tapi kaki besi berupa swing arm plus monoshock. […]

  7. gille mass meng inspirasiin banget!!!!!

  8. […] kumaksud my 1st girlfriend ini bukan cewek manapun, dia adalah Tiger 2000 item kesayanganku. Dialah yang selama 7 tahun menemani kemanapun aku pergi, baik dalam keadaan susah, senang, sedih, […]

Leave a Reply

 
