Asyiknya WiFi-an di Mobil

Wi-Fi,  sesuatu yang makin populer akhir-akhir ini. Hanya dengan bermodal laptop atau gadget (PDA, handphone, handheld console game) yang memiliki fitur wireless lan atau Wi-Fi anda dapat berselancar dunia maya atau bertukar data di area yang menyediakan Hotspot. Sebuah loncatan teknologi yang cukup tinggi dimana dahulu orang terkoneksi dengan internet harus menggunakan kabel.

Beberapa waktu lalu saat aku di terminal untuk pulang ke kampung halaman, melihat sesuatu yang menarik di jendela sebuah bus tujuan Cilacap PO EFISIENSI. Di jendela itu terpampang tulisan “Wi-Fi”. Yup, bener banget tuh bus ada Hotspot di dalemnya. Yang jelas seru banget kalo kebosanan selama perjalanan terlewati dengan berinternet ria.

Terus kalo pengen menghadirkan Wi-Fi di mobil pribadi kita gimana tuh? Apa mungkin? Yuhuu.. Jawabannya sangat mungkin!!!

Wi-Fi atau Wireless Fidelity adalah sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan lokal nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN). Dan saat ini Wi-Fi lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.

Dan untuk membuat hotspot ini, dibutuhkan sebuah perangkat bernama router yang merupakan alat penghubung jaringan komputer, yang fungsinya mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya. Dan proses inilah yang dikenal sebagai routing. Router juga bekerja membagi jaringan network sekaligus membangun sambungan Wi-Fi-nya ke perangkat – perangkat yang bakal tersambung.

Tapi yang perlu diingat, pada dasarnya kinerja routing bukanlah untuk menangkap sinyal internet dari ISP (Internet Service Provider). Apalagi sinyal dunia maya ini merupakan sebuah layanan langganan, yang mengharuskan adanya proses daftarisasi pengguna. Karena itu untuk mendapatkan jaringan ini, router harus dibantu sambungan kabel telepon rumah atau kantor, dan juga melalui fasilitas sambungan kartu operator selular, via mobile modem yang saat ini banyak dijual.

Karena itu, hal ini pun juga berlaku jika membicarakan basic pembangunan sebuah sistem Wi-Fi di mobil. Sebab secara teknis hanya memerlukan router, mobile modem dan kartu jaringan operator selular saja. Dan jika itu sudah terpenuhi, maka memakai laptop, ponsel dan gadget lainnya dimobil yang tersambung internet, sudah bisa dijabani dengan lancar.

Tapi karena router yang bakal dipake bukan spek buat mobil, powernya harus di-inverter dulu ke (arus AC, Red) 220V. Selain itu, penempatan router ini juga harus diperhatikan. Sebab jangan sampai antenanya yang membagi sinyal Wi-Fi dari modem mobile yang berisi kartu operator itu, terhalang benda padat yang keras, yang akan mengurangi kualitasnya.

Paling ideal taruh di belakang (bagasi)i. Oh ya, saat ini banyak model dan merek router yang beredar di pasaran. Harganya sendiri berkisar Rp 2-4 juta. Dan untuk aplikasi di mobil, silakan ambil yang keterangan spesifikasinya tertera tulisan mobile router.

Sedangkan untuk mobile modem yang dimaksud, adalah modem dengan yang berbentuk USB, dan menggunakan sim card operator selular sebagai jaringan internet-nya. Modem mobile ini udah banyak kok yang jual. Biasanya harganya Rp 1 jutaan tergantung model dan kemampuannya. Tapi pilih yang speknya 3,5G. Ada 3 besar pilihan operator sim card selular penyedia layanan internet GSM yang rekomen digunakan. Masing-masing XL, Indosat dan Terkomsel.
MENGGUNAKAN MOBILE GSM 3G ROUTER


Selain menggunakan cara diatas, ada cara yang lebih simpel dalam penerapan router GSM 3G. Salah satunya menggunakan produk Huawei D100 Wireless Router. Perangkat ini berfungsi mengubah koneksi broadband wireless internet GSM/3G menjadi sebuah pemancar radio wifi yang bisa dikoneksikan ke beberapa PC/Notebook (sebagai client) secara bersamaan. Sehingga PC/Notebook yang terhubung ke alat ini dapat menikmati koneksi internet dengan basis kecepatan internet 3G/HASDPA berkecepatan tinggi.

Router ini hanya memerlukan tambahan sebuah modem GSM 3G bermerek Huawei. Jika sudah memiliki modem 3G Huawei, tinggal colokkan saja ke router ini dan kita langsung memiliki sebuah Wi-Fi area.

Tak seperti router spek rumahan yang input powernya 220V, router mobile ini input powernya 12V 0.5A  yang pada bawaan pabriknya dilengkapi power adaptor dari 220V ke 12V. Kita tak perlu memakai adaptor ini lagi, hanya perlu membuat/mencari adaptor ke lighter mobil yang dayanya sama-sama 12V. Sehingga tak memerlukan inverter 220V lagi. Ada pula tipe lainnya yaitu Prolink PWH2100-3G GSM/EVDO CDMA Wireless Router yang selain bisa menggunakan modem GSM 3G merk apapun juga dapat menggunakan modem CDMA EVDO. Harga keduanya sekitar 1 jutaan belum termasuk modemnya, bisa didapatkan di Modem Jogja.

5 THING IMPORTANT ON IT

•    Sama seperti layanan on the spot. Sebagai penyedia server Wi-Fi, hardware hanya sekali beli, tapi buat layanan internet-nya, membayar langganan perbulan dari kartu operatornya.

•    Walaupun sinyal pancaran router secara teoritis bisa mencapai 50 meter, namun penggunaan di luar mobil akan terganggu. Salah satunya akibat pemakaian kaca film.

•    Untuk menjaga sinyal Wi-Fi dipakai orang-orang yang tak diundang, mengaktifkan fitur protect sangat disarankan. Dan hal ini bisa diatur dari router-nya.

•    Meskipun dari 1 router sinyal Wi-Fi bisa dipakai ramai-ramai, namun idealnya cukup 3-4 gadget yang tersambung ke internet. Sebab semakin banyak pembagian kpbs-nya jadi lebih kecil dan melambat.

•    Kekuatan sinyal internet sangat dipengaruhi banyaknya sinyal operator yang dipakai. Bisa saja di basement, pegunungan atau daerah terpencil.

Sumber

Prolink PWH2100-3G GSM/EVDO CDMA Wireless Router

~ by si_kumbang on 25 November 2009.

8 Responses to “Asyiknya WiFi-an di Mobil”

  1. wow info tepat yg sedang saya cari, mas minta info sekalian dimana saya bisa mendapatkan routernya?
    dan harganya berapa yg huawei?
    makasih.

  2. coba cek di http://modemjogja.com/ ….

  3. mas gmn cara pasang ke acces poinny kalau pke modem huawei??

  4. […] This post was mentioned on Twitter by Siti Komariyah. Siti Komariyah said: RT @bandungbiser: Asyiknya WiFi-an di Mobil http://bit.ly/frrYPN http://myloc.me/go1Uk […]

  5. Mau tanya gan.
    saya coba pasang router 12V ke lighter mobil 12V, namun setelah saya colok, sikring 15A putus. Apakah tidak bisa langsung colok? apakah butuh alat seperti adaptor 12V ? atau sikringnya perlu di perbesar ? jika iya harus ganti berapa Amper ?

  6. Ijin share ya??

  7. Huawei D100 Wifi Router bisa dibeli dimana bro ? Makasih

  8. Saya sudah kontak modem jogja mereka gak punya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: