Acara Otomotif dengan 3 Presenter Gila


Akhir-akhir ini lagi doyan banget nonton salah satu tv show. Bukan sinetron atau drama korea tentunya! Tapi ini TopGear, serial otomotif yang aslinya ditayangin di BBC UK sejak 2002.

Acara otomotif dengan 3 orang presenter super gokil yaitu Jeremy Clarkson, Richard Hammond, dan James May. Jeremy itu yang paling tua, tapi paling edan kalo nyetir dan paling doyan ngedrift sambil teriak “Poweeeerrr!!!!”.

Hammond punya fisik paling pendek makanya sering banget diejek-ejek fisiknya, sampe-sampe di salah satu episode si Jeremy bilang gini, “Satu-satunya makhluk hidup terkecil yang hidup di tempat ini adalah Hammond.” waktu ada di daerah volcano yang bahkan bakteripun nggak ada yang hidup disitu. Sedangkan James ini yang rambutnya sering keliatan gondrong, dan nggak tau kenapa kok keliatannya paling sering apes kalo lagi challenge (menurutku loh..). Oiya, ada satu tokoh penting lagi di TopGear yaitu Stig, sosok misterius ber-wearpack putih dan berhelm full face. Dia yang ngetes speed mobil.

Topgear nggak kayak acara otomotif kebanyakan, terutama di Indonesia yang kalo ngereview mobil biasanya dibagus-bagusin dan yang ditonjolin sisi positifnya aja. Di topgear, kalo emang mobil itu jelek ya bakal dijelek-jelekin abis-abisan dan di-compare sama mobil lain. Dan kalo ngetes mobil juga nggak tanggung-tanggung, pernah ngetes Renault Twingo baru sampe bener-bener diancur-ancurin, ditabrak-tabrakin, ngepot-ngepot nggak jelas, diputer 360 derajat di dalem terowongan kayak adegan film action, sampe endingnya diceburin ke dalem laut!!!

Yang paling kusuka dari tiap episode tentunya bagian challenging. Macem-macem banget tantangannya, dari sekedar ngetes 3 buah mobil tua buat ngelakuin perjalanan jauh dengan berbagai imbuhan tantangan di dalemnya, touring pake sportcar ngelewatin jalanan ancur, adu balap kendaraan-kendaraan yang biasa ada di landasan pacu bandara (endingnya tetep diancur-ancurin tuh mobil!), bikin mobil jadi kendaraan amfibi yang bisa jalan di laut, dan masih banyak kegilaan lainnya.

Dulu banget TopGear pernah ditayangin di tv lokal Anteve. Tapi anehnya acara otomotif paling terkenal di dunia ini malah didubbing jadi bahasa Indonesia! Tapi sekarang udah nggak ada lagi di Anteve.

Sampai saat ini aku baru ngoleksi beberapa episode dari series 14, 15 dan 16. Itupun cuma beberapa, belum lengkap full series. Maklum, terhambat dengan koneksi internet😀 . Aku cuma donlota kalo lagi pulang ke rumah aja yang langganan sepidi, setiap kali pulang bisa donlot 3 atau 4 episode.

Dari sekian banyak episode yang udah kutonton, favoritku series 14 episode 6 yaitu episode Bolivia Special. Ceritanya, ketiga presenter dikasih modal £3,500 buat beli mobil bekas di internet tanpa ngecek barangnya. Lalu mereka ditinggal di hutan hujan tropis Amazon di Bolivia bersama mobil

pilihannya itu. Mereka harus melewati rute 1.000 mil dari Bolivia menuju pantai laut Pasific di Chile, melewati hutan yang jalur kendaraannya sangat minim dengan bahaya serangga, menyeberangi sungai, jalan bebatuan, ngelewatin Yungas Road yang terkenal sebagai “world’s most dangerous road”, motong jalan ke Chile lewat active volcano yang minim oksigen dan tak ada satupun makhluk hidup disana termasuk bakteri, dan terakhir menuruni padang pasir.

Dan parahnya, ketiga mobil yang dipake dalam kondisi yang mengenaskan. James May beli Suzuki Jimny SJ40 1.3 liter yang parahnya ternyata nggak beneran 4 wheel drive tapi cuma 3 roda yang muter jadilah “three wheel drive system”. Richard Hammond milih Toyota Land Cruiser atap kanvas hasil modif pemilik sebelumnya yang bentuknya nggak kayak atap softtop lagi. Jeremy Clarkson beli Range Rover yang dia yakini itu model 3.9 fuel injection, tapi ternyata di balik kap mesin adanya karburator yang artinya itu model 3.5 liter.

Masih diperparah dengan kondisi indikator kecepatan, RPM, termometer yang rusak di semua mobil. Akhirnya yang bisa sampai garis finish cuma si Jimny dan Range Rover, soalnya Land Cruiser Hammond keguling di padang pasir gara-gara kebodohan Hammond.

Ada beberapa alasan yang bikin aku nggak pernah bosen buat nonton nih episode berulang-ulang. Pertama, rute yang mereka lalui itu jelas bukan habitat mereka yang biasanya di TopGear cuma ngebut di jalanan aspal dan ngedrift, nah ini mereka harus ngeluwatin jarak 1.000 mil yang kebanyakan trek offroad. Yang kedua, aku emang lagi tertarik Jimny dan yang berbau off road😀. Dan terbukti, menurutku jagoannya adalah si Jimny, dengan mesin paling kecil, body paling kecil, 3 wheel drive, tanpa modifikasi bahkan tanpa ban MT, berhasil menempuh berbagai medan tanpa masalah kecuali mogok di sungai gara-gara tangki bensin kemasukan air.

Nah, buat yang mau tau list episode TopGear, bisa diliat disini.

Kalo mau ngobrol-ngobrol tentang TopGear di Kaskus sekalian mau download episode TopGear, kesini aja.

Buat tau lebih banyak segala sesuatu tentang TopGear, tentunya kemari aja.

~ by si_kumbang on 20 April 2011.

One Response to “Acara Otomotif dengan 3 Presenter Gila”

  1. ane juga prnah liat.ni acara yg test kecepatan mobil2 berkecepaan tinggi.trus modifikasi mobil gila2an ampe gak karu2an bentuknya.malam gan dulu tayangnya.skarang malah gak ada.pdhl beda tu dr yg lainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: