(semoga) Ujian Terakhir Nih!

Rasanya udah lama banget aku menyandang sebagai mahasiswa. Udah 9 semester bo! Dan akhirnya semester 9 itupun bakal segera berakhir. Minggu-minggu ini aku lagi ngejalanin UAS alias ujian akhir studi, eh semester!

Ujian pertama yaitu tanggal 4 Januari alias minggu kemarin, mata kuliah APF atawa Analisis Pengukuran Fisis. Ya, ini untuk keempat kalinya aku ngambil ni mata kuliah. Di mana ujian-ujian APF terdahulu aku selalu berakhir dengan gagal gara-gara kalkulator.

Di kesempatan kali ini, aku gak mau ada APF-APF lagi di kemudian hari. Oh ya, aku “terpaksa” ambil APF di semester ini demi menjalankan amanah bapakku buat ngebuang nilai D dari transkrip. Dan berhubung semester 9 ini semester terakhirku, aku lebih serius menjalani semua mata kuliah semester ini termasuk APF. Dari yang tahun kemaren cuma berangkat kuliah APF 1 kali dalam 1 semester, sekarang dateng berkali-kali.

Balik lagi ke APF! Demi tujuan menjauhkan APF dari hidupku, kubelai-belain belajar bareng di perpus UPT lantai 3 dari siang sampai sore sebelum ujian. Nyatanya, terakhir kali aku belajar bareng buat menghadapi ujian tuh seingetku semester awal-awal. Usahaku gak sia-sia, UTS kemarin akhirnya aku bisa ngerjain soal-soal dengan sangat amat lancar tanpa masalah sedikitpun! Walaupun gak dapet nilai sempurna tapi udah di atas rata-rata lah, buatku udah memuaskan soalnya bener-bener usaha sendiri.

Tapi sayang, pas UAS kemarin tak seperfect UTS. Walaupun udah belajar dengan metode yang sama dengan UTS, dan untuk kali ini udah bener-bener matengin belajar make kalkulator. Tapi kendala yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya, waktu ujian gak cukup buatku! Ya emang salahku juga sih, keasyikan degan soal nomor 1 yang jawabannya naudzubillah panjangnya! Dari 100 menit, kuabisin 1 jam lebih buat nyelesein nomer 1 doank! Dan hasilnya nomer 2 gak bener-bener selese. Dan nomer 3 yang nyata-nyata gampang dan jawabannya pendek sama sekali gak disentuh!

Siang tadi, tepat seminggu setelah ujian, nilai APF udah keluar. Ternyata aku dapet C! Tapi aku bingung mau berkespresi gimana. Soalnya targetku ngulang APF dari tahun 2008 lalu cuma pengen dapet nilai C, mengingat kondisi dosen yang kurang “kukuasai”, hehehe..

Sedangkan anak-anak yang lain banyak yang dapet nilai lebih bagus dari aku. Tapi aku lebih milih buat seneng aja deh, yang penting di transkrip nilai udah gak ada nilai D sesuai amanah bapakku dan cita-citaku selepas semester 3.

Ujian hari ini juga cukup aneh. Ujian mikrokontroler adalah ujian tersingkat yang pernah kujalani. Kalo biasanya waktu ujian itu berkisar antara 90 menit sampai 2 jam, kali ini cukup 15 menit aja! Iya, waktu yang disediain cuma 15 menit. Closed book pula! Tapi begitu melihat soal yang dikasih, bakal cengar-cengir sendiri. Soal nomer 1 cuma ditanyain, selama mengerjakan proyek tugas akhir kuliah, pelajaran apa yang udah didapet. Poin dari jawabanku bukan tentang teknis dari mata kuliah itu sendiri, tapi lebih ke sisi lain yang dialami sendiri oleh aku dan temen-temenku selama menjalani mata kuliah ini.

Sedangkan soal nomer 2, cuma diminta nulis saran/masukan materi untuk perbaikan perkuliahan mikrokontroler ke depannya. Ya ini sih tinggal mindahin unek-unek yang ada di otakku ke lembar jawab ujian aja! Dan tanpa terasa dalam waktu kurang dari 15 menit, lembar jawabku mulai banyak coret-coretannya.

Sekarang tinggal 1 mata kuliah lagi yang belum ujian. Ujiannya besok Rabu 12 Januari 2011 jam 10.00. Dan kuliah Instrumentasi 1 ini Insyaallah bakal jadi pengalaman terakhir ujian sebagai mahasiswa S1 di UGM. Mau belajar dulu ah, mumpung masih bisa belajar, mumpung masih bisa ujian, mumpung masih bisa ngerasain pusingnya ujian, yuk dinikmati aja…

~ by si_kumbang on 11 January 2011.

3 Responses to “(semoga) Ujian Terakhir Nih!”

  1. hehe. piye nilai instrumennya fik?bagus2 kan?hehe…
    amiin.. smangat skripsi!!
    blog ku ditaruh link nya ya fikrišŸ˜€

  2. http://adeyh.wordpress.com

  3. eh ada ade…
    sayangnya nile instrumentasiku kurang memuaskan, tp ya sudahlah masa mau ngulang lg taun dpn, kapan aku nikahnya donk???hahaha
    semangat jg de buat km! segera kita murtad dr ugm..

    oke2 takpajang blogmu de! tp bayar royalti ya!hehe,, gak ding, bayarnya tukeran link jg ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: