Motor Suzuki yang Paling Kusuka

Cuma pengen share aja motor buatan Suzuki Indonesia yang paling kusuka dari jaman dulu. Sedikit terinspirasi dengan tulisan om Taufik berjudul “3 Motor Suzuki yang Saya Sukai”. Biarpun populasi Suzuki kini tak sebanyak dulu jika dibandingkan Yamaha dan Honda dengan kata lain kini kurang laris, tapi ada 2 dua tipe motor Suzuki yang kusuka banget. Tentunya ada kisah tersendiri dengan kedua motor itu, meskipun sampai saat ini aku belum pernah sekalipun memilikinya. hehehe..

SUZUKI SATRIA 120R


Pertama aku tau ada motor keren ini waktu masih duduk di kelas 6 SD sekitar tahun 1999. Waktu itu yang kutau sebuah motor yang keren, monoshock, sasis deltabox, mesin 120cc konfigurasi tegak, transmisi 6-speed manual clutch, semua itu ada di Satria 120R ini. Biarpun masih kelas 6 SD aku udah mengenal hal-hal itu, maklum kadang-kadang baca tabloid Motor Plus milik pamanku jadi tau banyak tentang motor.

Makin ngefans sama nih motor waktu ngeliat sang dewa road race Hendriansyah ngebut pake Suzuki RG-Sport di seri I Inter Biru Road Racing Championship di GOR Satria Purwokerto awal tahun 2001. RG-Sport ini adalah Satria versi Malaysia bermesin lebih kecil yaitu 110cc 5-speed sesuai regulasi kelas bebek 2-tak. Bentuk fisik RG-Sport identik dengan Satria lokal. Saat itu Hendriansyah yang mengenakan wearpack hitam polos lihai menaklukkan tiap sudut sirkuit dengan RG-Sport biru ala tunggangan Kenny Robert Jr di GP 500 tanpa ada satupun pembalap mampu menghadangnya. Bahkan di akhir lomba dia mengangkat roda depannya wheelie sepanjang sirkuit depan pintu masuk stadion sepakbola sejauh kira-kira 150 meter.

Benar-benar terkesima kala itu dengan RG-Sport ala Satria ini. Sampai-sampai sejak itu aku bermimpi bisa memiliki Suzuki Satria 120R dan bakal ku-airbrush sama persis dengan tunggangan hendriansyah itu. Tapi apa daya, orang tua cuma bisa kasih aku motor Yamaha Alfa bekas, katanya jatah beli motor baru nanti kalo udah SMA! Ya udah, kekerenan Satria 120R cuma bisa kunikmati dalam mimpi saja.

SUZUKI FXR 150

Yang kedua adalah motor jenis sport, FXR 150. Motor sport semi fairing bermesin DOHC 150cc, pendingin oil-cooler, indikator speedometer dan takometer full digital, sasis deltabox kekar, double disc brake depan-belakang, monoshock berlengan ayun banana, roda 17 inch, body super sporty, benar-benar fitur impian sebuah motor sport! Bahkan dengan harga yang tak terlampau mahal.

Motor ini kalo gak salah pertama hadir di Indonesia tahun 2001 akhir atau 2002 awal dengan harga 24 juta. Biarpun kapasitas cuma 150cc tapi dipersenjatai oleh DOHC 4klep dan kompresi tinggi, mampu menyemburkan 21Hp. Honda Tiger yang ber-cc lebih besar saja cuma mampu melontarkan 17-an Hp. Andai saja sampai saat Suzuki masih menjual FXR 150, dijamin pasti laku. Dengan harga yang gak terlalu mencekik namun fitur berlimpah pasti sangat mampu bersaing dengan kompetitor. Atau Suzuki Indonesia punya niat untuk me-reborn FXR 150 dengan desain baru???

~ by si_kumbang on 15 December 2009.

10 Responses to “Motor Suzuki yang Paling Kusuka”

  1. bro fxr ada sejak tahun 2000 dengan harga 28500000 bukan 24 juta.

  2. wetz salah ya, soalnya yang kuinget di Majalah Motorplus edisi pertama yang kuinget 24 juta. Nah majalah itu muncul kan 2001..
    maap maap kalo salah, kan udah kutulis juga di atas “kalo gak salah”..
    thanks 4 commin…

  3. hayyy salam kenal dikunjungan pertama.

  4. Aku sudah mengamati hendriansyah semenjak awal dia balap sekitar 1996 an, di gor satria. waktu itu aku smp. Dia pake tornado gs putih biru, woow kenceng banget. Trus taun 1998 an hendriansyah pake RG sport item, wooooooow keereeen banget.Apalagi kalo denger suara gelegarnya, khasss banget. Taun 2000 an aku liat hendri pake RG sport, rafid poppy pake tena, jayadi pake FIZR, trus taun 2003 an hendriansyah pake shogun item, biarpun ngga sekeren rg sport suaranya, tapi karena item kinclong jadi keren juga. tapi aku cari2 gambarnya ngga ada ya. Kalo ada diposting dong..

  5. aku inget waktu itu ulasan di emplus, rg sport hendri tembus 25 dk an top speed 180 kpj. Lha kalo sekarang, suprix rey ratukore aja maks 19.5 dk, kalah ama jaman dulu ya

  6. @joni: wah sama kayak aku nih dulu, ngefans abis ma hendri. tapi apa taun 98 hendri udah pindah suzuki ya? bukannya masih di yamaha bareng jayadi? eh lupa jg dink, sama jayadi di yamaha itu dari taun berapa ya? seingetku taun 99/00 deh..

    wah bang jangan samain donk RG Sport sama supra. 2 tak pastinya tenaganya lebih gede dibanding 4 tak donk..

  7. ak juga suka suzuki fxr 150..sampai skarang belum kesampaian..walaupun sechand gak pa2…

  8. sampe skrg gw ttp setia sama satria ru gw nh hehe walaupun ada fu tapi bagi gw akselerasi ru lebih mantap ,sayang banged suxuki ga mau ngeluarin motor2 cbu nya di indonesia paling cuma RG-R gamma tapi itu jg udh sunyi gara2 krismon waktu dulu padahal kalo kaya suzie katana, atau mini gsx aja dikeluarin bakal dongkrak suzuki pastinya

  9. Pngen bngt puny ni motor…keren…

  10. FXR150 emg motor impian,tapi apa daya kantong cuma mampu nebus satria120r yang tarikannya kayak dijambak setan dan sampe detik ini tetep setia menemani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: