Kan kugenggam…

sun in my hand small

Pagi itu, Senin jam 9 kurang beberapa menit aku berangkat ke kampus. Dengan dandanan kayak biasa ala kadarnya bercelana jeans berkaos polo shirt kudatangi kantin MIPA utara. Karena lagi puasa, aku ke kantin bukan buat makan tapi buat nyontek tugas PSD punya Susilo ma Yudhi. Dalam beberapa menit selesailah tugas itu walau gak semua soal terjawab but it’s okay better than nothing! Abis itu langsung bergegas ke kampus selatan buat kuliah PSD yang mayoritas mahasiswanya anak 2007.

Ya hari itu kurasakan lagi hari-hariku yang dulu, hari yang sangat biasa. Itu adalah hari pertamaku kuliah di semester ini padahal kuliah udah jalan minggu ke-3. Setelah pikiranku benar-benar “dicuci” dengan berbagai kisah keceriaan dan bersahabatan bertahan hidup bersama beberapa teman yang akhirnya menjadi keluarga baruku selama hampir 2 bulan di kampung orang.

Akhirnya Senin itu kehidupanku dipaksa untuk kembali terjun pada keadaan beberapa bulan lalu. Kampus yang makin penuh dengan mahasiswa, kuliah yang (selalu) membosankan, UGM yang akses jalannya makin susah, teman-teman ELINS yang mayoritas lelaki, Jogja yang panas dan terkadang macet, rumah yang sepi, kamar yang pengap, acara TV yang makin gak jelas, keuangan yang kembali harus kutata, kerinduan akan kampung halaman. Hal-hal yang nyaris tak pernah kupikirkan selama 2 bulan kebelakang. Mau gak mau harus terima kenyataan bahwa itulah hidupku.

Hari pertama kuliah begitu berat dan terasa sama saat pertama kali kuliah saat jadi maba dulu, membosankan dan gak mudeng blass!!! Namun ada hal yang membuatku lebih gak nyaman. Apalagi kalo bukan masalah umur. Di tatanan buku pedoman akademik UGM, semester 7 adalah angkatan tertua dan itu yang sedang aku jalani! “adikku” udah 3 yaitu angkatan 07, 08, dan 09. Parahnya semester ini aku kuliah bersama semua angkatan di bawahku baik itu anak 07, 08 maupun 09 karena banyak makul yang kuulang maupun baru kuambil semester ini.

Sedih juga rasanya saat kuliah gak bisa lagi selalu bareng temen-temen sekelas angkatan 06 karena makul yang diambil makin berbeda banget tiap anak, gak bisa lagi selalu ngebanyol bareng temen-temen di setiap kuliah. Malah ada juga anak-anak yang sama sekali aku belum pernah kuliah bareng dia sampe hari ini, rasanya kayak udah ditinggal lulus aja. Ngomong-ngomong lulus, omongan beberapa temen baik di ELINS maupun teman lainnya mulai nih pada ngomongin skripsi. Banyak yang kalo ketemu yang ditanya “eh kamu udah ambil skripsi?”. Apalagi temen-temen yang jurusannya sosial rata-rata udah pada abis SKSnya dan IP yang kebanyakan mantep-mantep. Ugghhh… bikin miris, boro-boro skripsi atau TA, SKS aja masih kurang berpuluh-puluh SKS! Bahkan IPK-ku aja masih 2 koma, masih jauh dari target, apeslah aku yang mengabdi di MIPA yang peliiiiiiiiit nilai. Bikin sakit ati aja ngomong skripsi di hadapanku.

Tapi yasudahlah, parkiran MIPA makin penuh dan semrawut oleh motor tiap tahun ajaran baru. Jadi indikator  rasio mahasiswa baru dan mahasiswa uzur gak seimbang, banyak masuk tapi jarang keluar! Sepahit apapun “hari yang biasa” ini aku harus terima dan mau gak mau menikmatinya. Semua kunci ada di tanganku! Tahun ke-4, beban yang kuemban makin berat pula. Gak bisa lagi aku seperti 1 atau 2 tahun lalu yang sangat amat santai menjalani kuliah. Aku harus mulai berfikir bagaimana aku bisa keluar dari sarang lebah MIPA dan bekal apa aja yang kubawa saat lulus nanti. Harus mulai serius dan jangan terlalu sering bermalas-malasan.

Yang jelas temen-temen tolong dukung aku biar bisa sukses kembali terjun ke “hari yang biasa” dan berhasil  di semester ini! Kan kugenggam kembali hariku… Thanks yang udah mau baca keluh kesahku.

~ by si_kumbang on 12 September 2009.

One Response to “Kan kugenggam…”

  1. embedded system kosong gak bro?
    hwakhwkahwa… =))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: