KKN yang menyenangkan

sebenernya udah lama pengen posting tentang KKNku, tapi saat aku mau nulis selalu ada aja penghalangnya entah itu internet yang lemot sampai rasa malas ngetik yang merajalela. Akhirnya sekarang sempet juga buat nulis.

Sejak tanggal 9 Juli 2009 aku dan 25 temen-temen senasib resmi menjalani sesuatu bernama “KKN” dan menginap di pondokan. Unitku yang terdiri dari 3 subunit ber-KKN di desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul dan 3 subunit disebar di 3 dusun yaitu Kalipakem, Karangasem, dan Soka. Aku sendiri kebagian tempat di Kalipakem.

Pemilihan aku dan temen-temen KKN di Seloharjo bukan tanpa alasan. Tapi alasan yang terkuat adalah letaknya yang tak terlalu jauh dari Jogja “hanya” sekitar 30 Km. Nah yang rada aneh nih, pemilihan tema baru ditentukan setelah tempat ditentukan. Tema yang kami usung adalah pemanfaatan limbah peternakan dan limbah pertanian untuk pupuk organik

Walaupun cuma sekitar 30 Km dari kampus UGM tercinta tapi ternyata butuh waktu yang gak cepet, paling cepet perjalanan naik motor butuh waktu 45 menit. Apalagi kalo ngelewatin jalan Mataram yang padat itu. Desa Seloharjo yang letaknya berdekatan dengan Parangtritis mengharuskan perjalanan untuk mencapainya melewati Jalan parangtritis hingga sebelum gerbang Parangtritis terdapat jembatan sungai Opak yang besar silahkan belok kiri.

Selain melewati jalur utama kayak di atas, terdapat juga jalur pintas melalui Desa Pundong namun jalur ini hanya bisa dilalui sepeda motor soalnya di ujung jalan harus menyeberangi Sungai Opak dan parahnya hanya ada jembatan kecil selebar 1 meter! Jangankan dilewati mobil, naik motor aja harus bersabar dan antri buat lewat.

Di Seloharjo sendiri tanpa kami sadari ada 3 unit KKN-PPM UGM yang menempati desa ini. 1 kelompok lain menempati dusun Biro dan Dukuh, sedangkan 1 kelompok lainnya menempati dusun Blali, Poyahan dan Ngreco. Biarpun sebelumnya antara 3 unit ini tak saling kenal tapi pada akhirnya kami diwajibkan saling berkoordinasi karena kesamaan desa yang kita tempati.

Besok, tepat tanggal 30 Juli adalah tepat 3 minggu kami mengadu nasib disini. Dan yang bikin sedih, selama 3 minggu aku nginep belum pernah aku merasakan sehat. Sejak hari pertama nginep hingga saat ini sakit silih berganti dari flu ringan hingga batuk-batuk dan demam tinggi kayak semalam.

So far sih aku bahagia disini karena makan teratur dan lancar, kerjaan kalo di pondokan ketawa-ketawa dan ngegosip aja, belum ada hambatan dalam memenuhi program kerja, temen-temen sepondokan yang menyenangkan dan saling mengerti juga sangat baik hati saat merawat aku yang sakit parah semalam.

Kayak gini dulu deh update cerita tentang KKNku dengan speed internet apa adanya, lain kali lanjut lagi dengan cerita yang lebih seru.

~ by si_kumbang on 30 July 2009.

2 Responses to “KKN yang menyenangkan”

  1. waahhh, kapan ya gw kkn…. mana nih foto2nya?? hihi pengen liad gw kondisi TKpnya wkwkkwk

  2. emang km ada kkn bim?
    wah gak sangup euy kalo upload foto2, internet seadanya di desa…
    kalo mau liat aja bim di FBku… banyak tuh foto2… ma fatah ma wibi ma yg laennya jg..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: