Meluncurlah Tinggi Roketku

roket lapan
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah berhasil meluncurkan roket buatannya yang bernama RX-420 pada Kamis, 2 Juli 2009. Ini adalah kali kedua LAPAN meluncurkan roket, dilangsungkan di Garut, Jawa Barat.

Berita peluncuran roket itu menarik perhatian media asing, yaitu The Straits Times (Singapura) dan The Sydney Morning Herald (Australia), yang memuatnya di halaman masing-masing.

Roket yang sebelumnya diluncurkan pada 2007 sebanyak 12 roket yang bertujuan untuk kepentingan militer yang berjangkauan 50 kilometer.
Sedangkan roket yang kedua ini berjangkauan lebih jauh yaitu 100 km. Sehingga jika ditembakkan dari Batam maka roket itu bisa mencapai Singapura.

Menurut juru bicara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Elly Kuntjahyowati, peluncuran RX-420 adalah bagian dari ambisi LAPAN untuk meluncurkan satelit dengan roket produksi dalam negeri pada tahun 2014.

Untuk mendukung majunya teknologi roket di tanah air, sejak 2008 LAPAN telah mengadakan Lomba Muatan Roket antar universitas di Yogyakarta. Tahun ini diadakan kembali oleh LAPAN bekerja sama dengan Dirjen Dikti, Universitas Gadjah Mada dan Pemda Bantul yang diikuti 40 peserta dari 20 universitas di Indonesia.

UGM sendiri menurunkan 10 timnya, dan beberapa teman saya turut serta dalam lomba ini. Selamat berjuang teman-temanku! Jaya roket Indonesia!!!

~ by si_kumbang on 5 July 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: