Jurusan Berprospek Cerah

Harus diakui, idealisme menjadi pertimbangan paling penting dalam pemilihan jurusan.
Hanya saja, tidak salah rasanya jika kita memilih jurusan berdasarkan prospek ke depannya
Disini saya ingin coba mengungkapkan sedikit dari hasil ‘investigasi’ saya terhadap perkembangan industri dan efeknya untuk prospek jurusan.

1. Sampai saat ini bidang perminyakan masih akan menjadi primadona karena gajinya yang menggiurkan.Pembukaan lapangan baru di Cepu dan Ujung pangkah serta lapangan gas besar di perairan Natuna menjanjikan lapangan kerja yang besar untuk jurusan Perminyakan, Geologi dan Geofisika (Fisika MIPA konsentrasi Fisika Bumi). Jangan lupa, jurusan2 itu masih sangat sedikit. Sementara kebutuhan banyak. Mau anda lulusan Minyak ITB, Trisakti atau UPN ‘V’ Yogya, anda akan tetap dibutuhkan. Jangan takut tidak dapat kerjaan. Untuk Geologi dan Geofisika peluang lebih besar lagi. Geologis Indonesia saat ini sedang diburu untuk mengisi kekosongan di Timur Tengah.Mengapa?? Sejak isu teroris muncul, ekspatriat dari Barat tidak berani lagi kerja di TimTeng. Alhasil mereka kekurangan Drilling engineer. Nah, berhubung track record geologis Indonesia cukup hebat, mereka mengalihkan pandangan ke indonesia. Permintaan sangat besar. Gaji?? jangan tanya, kerja 15 tahun mungkin sudah cukup untuk membiayai pensiun anda.
Pembukaan lapangan batubara juga membuat peluang lulusan pertambangan ckup besar. Hanya saja, lulusan tambang cukup besar sekitr 2000 setiap tahun. Anda harus masuk 4 tambang pilihan yaitu Teknik Tambang ITB, Unsri, Trisakti, dan UPN ‘V’ Yogya untuk sedikit memberi kepastian masa depan. Setahu saya, Tambang ITB 50% sudah dipesan sebelum lulus (data tempo 2007, komentar dari pak rektor itb). Dan ini beneran. Di UPN Yogya, jika anda 5 besar lulusan terbaik di Minyak dan tambang,kerjaan sudah menanti (tapi ya tetep harus berusaha, ini cuma data dari beberapa alumninya upn). Sekali lagi, kebutuhan banyak lulusan sedikit. Cuma, kuliahnya berat banget. Di Geologi UGM ospeknya 1 semester lamanya. Tiap sabtu sore disuruh lari muter fakultas berkali-kali. Kuliah lapangan naik gunung dan ke pantai Tertarik??

2. Proyek pembangunan jalan tol ribuan kilo yang dicanangkan pemerintah membuat bidang konstruksi berprospek cerah. Selain itu pembangunan tentu makin cepat dengan lancarnya transportasi. Catat : Teknik Sipil masih sangat prospektus!! Hanya saja yang perlu diingat, penghasilan di kontraktor tidak terlalu besar. Setara dengan PNS golongan 4A.

3. Telekomunikasi. Dijamin, bidang Telkom sangat prospek sampai 10 tahun mendatang. Baik untuk Vendor maupun operator. Pertimbangkan baik-baik untuk masuk Teknik Elektro konsentrasi Telekomunikasi. Elektro telekomunikasi terbaik masih dipegang STT Telkom dan ITB. UI, UGM dan ITS juga cukup bagus.

4. Pemerintah mecanangkan percepatan rasio kelistrikan dengan membangun PLTU yang total berkapasitas sekitar 10000 MW sampai 5 tahun mendatang. jika 1 PLTU berkapasitas 300 MW maka dibutuhkan 30 engineer pembangkitan maka akan ada lowongan untuk sekitar 1000 engineer pembangkitan dari jurusan Teknik Elektro konsentrasi Power, Teknik Fisika dan Teknik Mesin. Gaji besar. Sangat prospek!!

5. PLTU bukan cuma operasi tapi juga konstruksi. Kerjaan lagi buat Elektro, Teknik Fisika dan Teknik Mesin. Teknik kimia juga terlibat.

6. Pengembangan Energi Terbarukan butuh banyak insinyur.
Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) : Teknik Sipil
PLT Mikrohidro : Teknik Sipil, Teknik Fisika
PLT Matahari, Angin : Teknk Fisika dan Teknik Mesin
PLT Biodiesel dan Bioethanol : Teknologi Pertanian, Teknik Kimia
PLT Panas Bumi : All engineering
Ingat bidang energi : Gaji besar !!

7. Teknologi Informasi. Jelas, kita butuh orang IT baik Fasilkom, IF atau yang ekuivalen. Tenang, lapangan kerjanya tidak akan pernah habis. Terlebih lagi, kesempatan nyari proyek cukup besar. Contohnya sebagai web developer. Banyak instansi yang mulai peduli membuat web. Rate cukup tinggi, di Jogja rate untuk pembuatan web full sekitar 2,5 juta sampai 3 juta. Ini belum ditambah maintanance. Peluang lebih besar jika anda menguasai Linux, karena sekarang banyak instansi beralih ke Linux. Tips, terus update kemampuan. Yang sangat prospek saat ini dot net developer.

8. Petrokimia. Teknik Kimia masih terus berjaya. Yang recommended, UGM, ITB, UI, UNDIP, dan ITS.

9. Teknik Nuklir. Ingat, PLTN segera dibangun.

10. Bidang kedokteran
Bidang ini tidak pernah sepi lapangan kerja. Bukan cuma Kedokteran Umum tapi juga keperawatan dan kebidanan. setiap tahun untuk Arab Saudi saja dibutuhkan 2000 perawat Indonesia. Tapi masih sulit dipenuhi. Ini peluang yang bagus. Kebidanan?? Jangan salah, saya justru sangat merekomendasikan jurusan ini. Setahu saya, tidak ada Bidan yang tidak kaya alias lebih dari cukup. prospek jelas bagus.

11. Jurusan-jurusan desain (Diskomvis, Interior, dll)
Dijamin prospeknya bagus banget. Teman2 saya yang masih kuliah aja udah pada dapet kerjaan…
Ingat, terbaik masih di UK Petra Surabaya dan ISI Jogja. Tapi kabarnya ITB mulai menyusul…

12. Kartografi dan penginderaan jauh
Jangan meremehkan jurusan ini, diam2 jurusan ini punya prospek sangat bagus

13. Teknik Industri dan Teknologi Industri Pertanian. Kedua jurusan ini sebenarnya mirip. Kurikulum juga hampir sama. Keduanya masih sangat bagus prospeknya. TApi sekali lagi, mereka bukan bagian exact engineering. Sangat bagus jika kemampuan kmunikasi dan bahasa anda latih sebaik mungkin jika anda masuk jurusan ini. Kemampuan teknis tidak banyak dibutuhkan (maksudnya engineering ability). Beberapa perusahaan yang engineering banget dan tidak jualan produk jarang yang mencari lulusan industrial technology. Kakak saya yang kerja di perusahaan gas & minyak mengatakan kalo semua teknik bisa masuk ke pershaan tersebut kecuali industri dan arsitek.Jadi, kalo mau masuk jurusan ini. Segera latih kemampuan komunikasi. Pas kuliah, kalau mau berkarir di perusahaan, arahkan pandangan ke perusahaan2 consumer goods macam Unilever dll. Jangan yang engineering macam tambang dan konstruksi. Peluang tetap ada tapi tak sebesar di consumer goods, dealer (Astra, sun motor dll). Sense of design juga penting untuk dilatih. Karena selain bagian produksi dan marketing,tata letak pabrik juga sering menjadi bagian kerjaan teknik industri

Dr semuanya saya justru merekomendasikan jurusan Geologi dan Geofisika. Prospek bagus dan tidak sekedar mendapat kerjaan. Maklum, jurusan ini bukan jurusan yang bisa dipelajari dengan pengalaman. Jadi, anda tidak ada saingan lagi.Maklum, untuk jurusan lain masih bisa dibolak-balik. banyak yang changing career. Insinyur teknik kimia bisa aja menjadi insinyur kontrol yang biasanya ditempati teknik fisika dan elektro begitu juga sebaliknya. Progammer malah lebih luas cakupannya. Design engineering juga bukan hanya bisa dikuasai teknik sipil. Rotary engineering juga bukan hanya bisa didapatkan anak teknik mesin. Jadi hampir semua bidang bisa ditukar2 profesinya. Kecuali Geologi. Hanya orang geologi dan geofisika yang ngerti. Makanya kalo ada seorang geologis mengundurkan diri dari perusahaan, perusahaan akan bingung karena sulit cari pengganti. Hal ini mungkin beda dengan bidang lain.

Tapi kalo dari sisi banyaknya lowongan, maka saya sangat merekomendasikan teknik mesin dan teknik kimia. selain banyak, jika anda masuk ugm, itb, ui, sepertinya masa depan anda akan terjamin. meskipun untuk mendapatkannya anda harus berjuang sampai berbulan2 bersaing di pasar kerja.

Selain itu, saya juga merekomendasikan Teknik Fisika. Dari segi lowongan memang tidak terlalu banyak. namun dengan jumlah lulusan yang sedikit, hal itu cukup sebanding kok.

Mungkin ‘investigasi’ saya kurang valid. Tapi kebanyakan saya dapatkan langsung dari praktisi. Bukan sekedar analisis seorang mahasiswa. Semoga bisa sedikit membantu teman2 dalam memilih jurusan untuk bidang science. Sekali lagi, ini bukan tulisan ilmiah, cuma hasil ngobrol ngalor-ngidul dengan yang sudah berpengalaman. yah, hasilnya saya tuliskan disini. Anda percaya ?? Saya harap bisa membantu. Tidak percaya ?? Jadikan sebagai bahan bacaan aja. okey !!

Kayaknya banyakan jurusan tekniknya yah? yup betul… Sebagai mahasiswa ELINS UGM mo nambahin kalo ELINS punya prospek kayaknya di nomor 1, 3, 4, 7 deh…

Buat yang mo cari2 jurusan silahkan dipilih dan pahami bakat dan minatmu. Percuma kalo jurusan itu berprospek tapi bukan itu yg sebenarnya kamu sukai, jangan sampe deh karena entar hasilnya bakal setengah-setengah (banyak temenku yg punya pengalaman kayak gini nih akhirnya harus pindah jurusan).

Buat yang udah kuliah semoga ini bisa jadi penyemangat buat kuliah!

sumber:http://fathonezic.wordpress.com/2007/12/29/jurusan-berprospek-dalam-5-tahun-kedepan/#comment-276

~ by si_kumbang on 24 May 2009.

23 Responses to “Jurusan Berprospek Cerah”

  1. jurusan sosial seperti ekonomi akuntansi mana nih? hehe..

  2. oh iya ya wor gak ada yg sosial…
    kl ekonomi kan malah dibutuhkan manapun karena semua pasti berhubungan jg dgn uang kan…

  3. nyambung ya gan…
    ekonomi bisa jadi programmer juga loh.ada kan yang sekarang jadi konsultan IT dari Conoco Philips itu alumni ekonomi UGM 90 dan dia menguasai banget PHP ma MySQl. gaji jangan tanya. sekelas konsultan di perusahaan multinasional gt gila…
    trus si Om Prof. Dr. Jogiyanto yang mnjadi banyak pengarang buku programming itu juga dari ekonomi.dan kayaknya tergantung niat juga de.hhh

    juragan fikri,ane pengen ambil metode seismik anak geofis gan.ketoke menarik de.aku dulu kan pengen ke geofis. dan pengen jadi miner. barusan aku berbincang2 ma anak perminyakan UPN V Jogja. ikatan alumni memang sangat berpengaruh fik,banyak dari mereka yang cm ngalor ngidul namun karena alumninya kuat ya bisa jadi orang beruntung.lagian kalo kamu ingin test masuk ke sana sangat mudah kok.aku kan pernah diterima disana gan. grade di UPN :
    1.T.Pertambangan
    2.T.Perminyakan
    3.T.Geologi
    4….
    Ospek selama 1 tahun, mirip ma anak geologi.paling penting itu Englishnya,emang bener banyak orang indonesia yang dikontrak ke Qatar ma Schumberger karena masalh teroris juga masalhanya Indonesia itu pada Islam (lepas dari RAS) karena jam kerja disana menentukan waktu istirahat juga.

    Semester depan maw ambil dan kuliah ma anak geofis ah…

  4. jadi Teknik Industri agak susah cari kerja dunkzz??

  5. kalo misalkan management bisnis tp IM telkom prospek kerjanya bagus ga ?

  6. @Junioer: ya seperti yg dijelaskan di atas…

    @maysapitri: sorry bgt aku baru sekedar tau aja IM Telkom, tapi kurang begitu mengenal… tp kalo liat jurusannya Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika adlh jurusan yg unik dan spesifik, jadi lulusannya pasti punya kmampuan yg gak dimiliki jurusan lain…

  7. Oil and gas Industry for me still the best,

    net salary from 5000 US dollar up to 4500 us dollar per month,

    so welcome to juggle.

    dosenmigasngawur.com

    anak minyak cek kesini ya:

    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=157299019&posted=1#post157299019

    kalau uda kuliah atau kerja..

    cek kesini juga kan anak minyak nya:

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3169269

    regards

    DAT
    Petroleum Engineer / Production Engineer

  8. wah apaan nih, semua jurusn kok dibilang prospeknya bagus, taik, asal nulis aja kali ya lo

  9. @A7x Lucca: maaf, mari budayakan bertutur sopan.. basic nya emang semua jurusan berprospek cerah kok, tapi itu semua tergantung individunya serius apa kagak! percuma kalo kuliah di jurusan yg udh terkenal berprospek tp gak niat kuliah ya sama aja boong…

  10. Hidup Kartografi Penginderaan Jauh…
    Hidup Kerja Keras…
    Ternyata walaupun terpencil di pojokan komplek bulaksumur kita tetap eksis…

  11. wah untung saya masuk jurusan teknik elektro konsentrasi telekomunikasi. jadi prospekya bagus, padahal kalo dilihat dari hobi, saya sukanya arsitektur.
    tapi tak apa lah…

  12. statistika gan???

  13. Gw bngung mw plih jurusan ,
    mw ambil tek.industri ,tek perminyakan , apa geologi ya ,
    bner g kl geologi itu hrz bner2 pinter fisika ?

  14. makasi untuk info nyaaa.. sangat membantu.. salam kenal dan sukses selalu..

  15. […] Tinggi Yang Baik – Panduan Siswa-Siswi SMP Dan SMA Remaja, Pekerjaan dan Pemilihan Karir Jurusan Berprospek Cerah Top 7 Jurusan Kuliah Prospek Cerah Kedepan Setelah lulus SMA, kemana kita harus pergi? Kemana […]

  16. bagaimana dengan prospek di jurusan bahasa jawa-??

  17. Klo jursan oceanografi gmna?

  18. lho kog pernah baca artikel kayak gini ya….?
    sapa ya yang mbajak?
    tapi good job…..
    alangkah lebih bagus nek penyampaiannya beda…

  19. @whs: udah dibaca lengkap blm postingku? di bawah jelas2 kutulis sumbernya, dia nulis itu udah dari 2007. Karena menurutku berguna, jadi ku repost dan kutulis sumber aslinya.

  20. kalo arsitektur terjamin g seh.. gw uda ketrima neh arsitektur UNDIP.. cma gw jg ketrima geologi unpad lewat mandiri.. gw bingung dah.. nyokap saranin ke geologi karna gaji besar trus om gw jga kerja di bidang itu dan uda senior.. tpi gw lebi minat di arsitek.. tpi gw juga cinta alam.. enak juga x kerja geologi di hitan, gunung,.. kalo ada doble degree arsitek ma geologi psti gw ambil.. syangnya ilmu dri kedua jurusan gak nyambung sma skali. gw bner2 bingung nih gan tolong saya..

    terima kasih

  21. anjing lahhh’

  22. @sam: kalo boleh saran, tanya sama dirimu sendiri dulu, minat dan bakatmu dimana? kalo km emang bakat gambar dan punya jiwa seni, ambil arsitektur. kl emang km tertarik kerja di dunia pertambangan ambil geologi. bener kata km, dua2nya gak nyambung. kebetulan aku punya temen yg di-DO dari arsitek undip karena dia sebenernya bakat dia gak disana.

  23. thx infony

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: