UGM kaya bener… gak mikir listrik mahal!

Siang tadi sejak pukul 10.30 aku berada di LPPM UGM gedung Rektorat lantai 3. Tujuannya apalagi kalo bukan ngurusin masalah KKN. Disana aku amat-amatin kok banyak banget lampu di kantor itu yang masih nyala. Padahal disana intensitas cahaya yang masuk cukup besar, harusnya kalo gak pake nyalain lampupun kantor itu udah sangat terang benderang.

terang benderang gitu kok lampu dinyalain!

terang benderang gitu kok lampu dinyalain!

Huuh,boros boros boros...!

Huuh,boros boros boros...!

Liat tuh dua gambar di atas. Biarpun ruangan disana udah terang benderang tapi tetep aja lampu2 itu dibiarkan hidup. Kayaknya gak ada yang berinisiatif membunuhnya.

Tuh, padahal kalo lampu mati juga tetep terang kok!

Tuh, padahal kalo lampu mati juga tetep terang kok!

Kalo gambar yang di atas itu contoh ruangan yang lampunya dimatiin. Perhatiin deh biar lampu di ruang itu gak idup tapi tetep terang benderang kan ruangannya dan om-om sama mbak-mbaknya yang disitu tetep bisa kerja dengan baik kok!

Coba deh diitung-itung, tiap lampu itu terdiri dari 2 buah lampu neon besar. Di tiap ruang rata-rata ada 4 lampu. Kalo tiap neon dayanya 40W, berarti tiap ruangan udah ngabisin 40W x 2 x 4= 320W. Wuih..bukan angka yang kecil tuh! Padahal di kantor itu kalo gak lupa ada 7 ruangan, berarti ngabisin 2240W. Ya walopun ada juga ruangan yang “sadar” gak nyalain lampu. Bayangin aja gedung rektorat ada berapa ruangan coba??? Kalo gitu berapa watt yang dihabiskan cuma buat bayar listrik dari lampu2 itu? Mungkin ini salah satu sebab kenapa biaya kuliah di UGM jadi mahal. Padahal pengeluaran listrik itu sama sekali gak perlu kecuali saat hari udah mulai bener2 gelap. Huuh, buang2 duit aja…

~ by si_kumbang on 31 March 2009.

4 Responses to “UGM kaya bener… gak mikir listrik mahal!”

  1. wah saiki anak elins pada multi talent..

    udah pada pinter ngliput berita🙂

    ingat 17 22..

    ha ha ha

  2. iya lah dris, elins itu kan ada salah satu konsentrasi yaitu jurnalistik…hahaha

  3. hahahahahahahahahahahahaha

  4. akontol sapi khon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: