Kampanya Terbuka:Masih Pentingkah?

Siang tadi saat sedang di kampus, dari lantai dua aku liat konvoi kampanye terbuka salah satu partai. Aku bertanya ke temen-temenku, kira-kira ngefek banget gak sih kampanye terbuka kayak gitu? Temenku ngejawab gak lah, orang-orang itu paling ikut rame-rame begituan cuman pengen nikmatin hiburannya aja. Biasanya kan kalo kampanye gitu ada panggung hiburan kayak dangdut dsb…

Kalo menurutku pribadi sih emang kampanye terbuka gitu gak terlalu berpengaruh untuk menjaring simpatisan. Orang-orang yang “tejaring” oleh umpan kampanye terbuka macam itu paling-paling cuma sampai batas tahu partai itu apa dan siapa pentolannya. Bukan menjaring pemilih yang bener-bener mengenal partai itu secara mendalam dan bakal memilih partai itu karena tahu pasti kekurangan dan keunggulannya, tak cuma mengandalkan nama besar dan promosi yang gencar di berbagai media.Seharusnya kampanye terbuka ini menjadi ajang sosialisasi penyelenggaraan pemilu April nanti, hitung-hitung membantu tugas KPU. Bukan sebagai ajang unjuk kekuatan massa dan pembodohan rakyat dengan iming-iming panggung hiburan!

Aku merasa pemilih sekarang lebih cerdas daripada pemilih zaman dahulu. Pemilih ini sudah lebih tersadarkan bahwa mereka tak boleh lagi dengan mudahnya tertipu rayuan gombal partai yang sudah-sudah. Karena dari pemilu yang sebelum-sebelumnya, sudah terlihat mana saja partai dan tokohnya yang mampu mengemban teguh janjinya dan mana yang hanya melontarkan kata-kata manis di depan tapi berkhianat di kemudian hari. Kita tentu ingat tentang skandal-skandal korupsi dan suap anggota DPR. Kita lihat saja apakah caleg-caleg yang saat kampanye terbuka ini mengucapkan kata-kata manis, pendidikan terjamin, Indonesia sejahtera, pemberantasan pengangguran, sembako murah, petani sejahtera, saat mereka telah duduk di kursi legislatif masih ingat dengan hutang-hutang mereka pada rakyat atau sibuk dengan hutang-hutang mereka pada penyandang dana kampanye mereka??? Atau sibuk keliling nusantara dan dunia berkedok studi banding??? Atau sibuk memanjakan keluarga mereka dengan barang-barang mahal yang uangnya entah dari mana itu???

Melihat pengalaman yang sudah-sudah, hendaklah para pemilih ini tak mudah terjerat rayuan partai politik saat kampanye terbuka. Jangan hanya karena hiburan dangdut, konvoi yang menyenangkan, atau kagiatan bagi-bagi duit, mereka mempertaruhkan masa depan bangsa pada pihak-pihak yang tak bisa dipertanggungjawabkan. Kita tentu tak ingin lagi melihat berita di TV tentang anggota DPR yang digrebeg oleh KPK kan? Kita juga tak mau lagi membaca koran berita skandal-skandal anggota DPR yang “terhormat” kan?

Oke, jadi jangan terlalu terpengaruh parpol yang berkoar-koar saat kampanye terbuka! Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang parpol yang akan kita pilih, berhubung April nanti adalah pemilihan anggota legislatif akan jauh lebih baik mengumpulkan informasi tentang caleg yang akan kita pilih. Karena kita memilih wakil rakyat, bukan wakil partai! Ingat itu! Okey, met menghimpun informasi sebanyak-banyaknya, jangan salah pilih ya! be smart guys…

~ by si_kumbang on 17 March 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: