Pasang elektrik fan di mobil jadul

Pasang elektrik fan di mobil jadul


Setelah tragedi mengesalkan dalam perjalanan menuju makan-makan temen dalam rangka wisuda, yaitu mobilku overheat alias kepanasan sampe macet ditengah jalan. Untung berkat kesigapanku bisa langsung minggirin mobil ke tepi jalan. Sambil berlaga nongkrong di pinggir jalan tunggu mesin agak dingin. Saat itu indikator temperatur menunjukkan skala ¾.

Setelah dicek ternyata radiator coolant habis! Parahnya lagi oli mesin juga berkurang banyak sampe kira-kira ½ dari indikator di deep stick. Emang salahku juga, beberapa waktu sebelumnya males banget ngecek cairan radiator dan oli mesin!

Kejadian itu cukup membuatku trauma dan suka parno sendiri kalo ketemu jalanan macet dan panas terik. Apalagi kalo jarum temperatur udah mulai merangkak naik mendekati  ½. FYI, kalo di jalanan lancar jarum indikatorku bisa dibilang cukup rendah di bawah skala 1/8 tapi bisa tiba-tiba merangkak naik kalo jalanan macet sedikit aja. Buat muter-muter di parkiran Amplas Jogja aja biasanya indikator langsung naik signifikan disertai AC mulai panas dan RPM mesin gak stabil naik-turun. Kalo udah kayak gini, super deg-degan banget…!

Demi mencegah kejadian overheat terulang dan hati gak sering-sering was-was lagi langsung memutuskan buat pasang elektric fan.

Kenapa butuh elektric fan?

mobil bermesin membujur

Mobil-mobil jadul terutama yang punya konfigurasi mesin bersilinder membujur, biasanya punya kipas pendingin radiator yang langsung terhubung ke putaran mesin dan putaran kipasnya tergantung dari besarnya RPM. Saat RPM rendah, kipas bakal berputar lambat namun saat RPM tinggi kipas pastinya berputar kencang. Kipas sangat sanggup mendinginkan mesin kala mobil melaju dengan lancar yang tentunya RPM berada di kecepatan menengah ke atas.

Namun menjadi masalah ketika mobil berjalan di kecepatan sangat rendah atau bahkan berhenti total (macet) dalam waktu yang cukup lama, tentunya RPM akan cukup rendah dan kipas juga berputar sangat lambat. Putaran kipas biasanya tak cukup sanggup melayani panasnya suhu mesin yang disalurkan ke radiator pada kondisi ini. Atau ketika mesin harus bekerja keras di RPM tinggi sedangkan kecepatannya cukup rendah, misalnya pada tanjakan. Di saat-saat seperti ini si driver mesti siap-siap meminggirkan mobilnya karena overheat. Saat aku main ke Semarang, di tanjakkan Gombel menuju Tembalang terjadi kemacetan ringan karena kecelakaan lalin, kulihat ada beberapa mobil terkapar di pinggir jalan gara-gara overheat, Kijang Super, Jimny, dan beberapa mobil lain yang cukup berumur. Dan semuanya adalah mobil bermesin membujur yang kipasnya ngikut mesin.

mesin mobil melintang

Hal ini berbeda dengan mobil bermesin melintang, posisi kruk as menyamping terhadap mobil sehingga kipas radiator tak lagi “nyantol” ke kruk as mesin melainkan pakai electric fan (EF). EF bekerja pada suhu tertentu sesuai perintah thermoswitch, sehingga EF akan membuat suhu mesin lebih stabil pada suhu tertentu.

Belakangan ini, EF tak hanya dipakai pada mobil bermesin melintang yang kebanyakan diadopsi sedan

mesin melintang dengan EF Toyota Avanza

berpenggerak roda depan. Namun berbagai MPV ataupun SUV modern bermesin membujurpun ikut mengadopsi EF karena sudah terbukti keunggulannya dalam menjaga suhu ideal mesin bekerja yang rata-rata ada di 82-93 °C (untuk mesin Jimny/Katana). Contoh mobil keluaran muda yang pake EF adalah Avanza.

Keampuhan EF itu yang bikin pengen kucoba pasang EF di Katanaku buat memusnahkan penyakit overheat.

Apa aja yang dibutuhkan?

  1. Elektric Fan (bisa beli baru milik mobil yang dari oroknya udah pake EF, atau beli yang copotan, sesuaikan dengan ukuran radiator, jangan lupa sekalian shroud-nya atau kerudungnya).

    electric fan

  2. Thermoswitch (ini juga bisa comot mobil lain, biasanya di body thermoswitch ada angka 2 digit, ini menunjukkan set point kapan switch menutup loop/rangkaian).

    thermoswitch

  3. Dudukan thermoswitch (bisa bikin dari pipa lalu dipasang di selang, atau bikin lubang dudukan di tutup thermostat, kalo aku pilih opsi pertama).
  4. Relay 12V (cari yang berkualitas).

    relay

  5. Kabel.
  6. Karet lembaran (dipasang antara EF dan radiator agar tak menimbulkan getar).
  7. Dudukan/adaptor electric fan (sesuaikan antara lubang baut di EF dan lubang baut aslinya).

Aku sendiri dapetin kesemua komponen di atas di Tango Motor dalam bentuk paketan. Yang aku dapat, EFnya sendiri copotan dari Singapura dengan dual speed. Tapi karena aku bingung cara memanfaatkan dual speednya, kedua inputan (+) kusambung jadi 1. Jadi EF Cuma berputar pada full speed.

Atau kalau mau, salah 1 input (biasanya yang lebih lambat) dihubungkan ke AC mobil sedangkan input satunya dari thermswitch. Jadi kalo AC nyala, EF nyala pada helf speed, sedangkan saat suhu mesin mencapai set point, EF menjadi full speed. Dengan cara ini, sangat berguna saat macet, AC bakal tetep dingin, apalagi kalo AC juga udah dilengkapi Extra Fan.

Yuk pasang electric fan…!

copot fan asli mobil

Pertama, copot dulu fan asli beserta shroudnya. Cukup mengandalkan kunci pas. Setelah bau-bautnya copot dan kipas beserta shroudnya dipecat secara terhormat dari jabatannya, jangan lupa pasang kembali keempat baut kipas yang asli pada puli. Puli ini masih dibutuhkan untuk memutar pompa radiator.

sesuaikan lubang baut shroud EF dengan bawaan mobil

Langkah kedua mengepaskan dudukan EF di radiator. Menariknya, EF yang kudapatakan lubang-lubang bautnya benar-benar hampir sama dengan lubang baut shroud bawaan mobil. Hanya perlu menggerinda lubang baut di EF sedikit saja, untuk melebarkannya agar pas dengan lubang di radiator. Jadi EF dapat dipasang di mobilku tanpa perlu tambahan braket lagi, sehingga terlihat simple dan rapi seperti fan OEM. Tidak lupa di antara shroud EF dan radiator diselipkan karet untuk mencegah getar.

Selanjutnya mari memasang dudukan thermoswitch. Berikut dudukan thermoswitch yang dipasang di mobilku:

pipa custom dudukan thermoswitch

Caranya dengan memotong slang radiator yang manuju radiator, lalu menyelipkan pipa dudukan thermoswitch di antara slang tersebut. Sebelum thermoswitch dipasang, lebih baik jika terlebih dahulu dioleskan sealer tahan panas untuk menghindari bocor radiator coolant.

Hal keempat yang dilakukan adalah merangkai perkabelan. Berikut skema yang diperlukan:

skema kelistrikan electric fan

Di Katanaku, sistem dihubungkan ke ACC. Jadi fan baru dapat berputar ketika kunci kontak diputar ke posisi ACC. Kabelnya kudapat dari kabel yang menuju karburator, setelah kuteliti ternyata kabel itu nyambung ke ACC.

Tinggal dirangkai komponen-komponen seperti pada gambar. Inget, sekring jangan sampai lupa dipasang untuk pengaman!

Saatnya ngetest…

Test pertama, mobil dalam keadaan idle alias diam di tempat. Dari kondisi mesin benar-benar dingin dibutuhkan waktu kira-kira 10 menit untuk membuat thermoswitch aktif dan menyalakan EF. Dan EF pun hanya menyala selama 35 detik untuk kemudian mati kembali. Jarum indikator suhu yang terlihat ketika EF mulai menyala:

suhu mesin setelah instalasi electric fan

Lanjut tes jalan. Berkeliling kota Jogja di bawah teriknya matahari dengan hembusan AC di kabin, dan sengaja cari-cari yang lalu lintasnya padat cenderung macet. Didapat hasil yang sangat memuaskan, jarum indikator tak bergeming dari posisi seperti gambar di atas. Sekalipun jarum bergeser, itu cuma dikiiiiiitt bangeeet..! kalo dari segi tarikan mesin, ada sih perbedaan tapi dikit banget bikin mesin agak lebih ringan. Tapi sebenernya kalo suhu mesin terjaga di suhu idealnya, secara gak langsung performa mesin bakal terjaga dan tak mudah drop.

Tes lanjutan. Kali ini dibawa ngebut, cobain trek ringroad utara Jogja. Dengan kecepatan antara 60-80 k/h jarum masih diposisi yang sama.

Setelah EF dipasang, sempat juga melakukan perjalanan ke beberapa kota seputaran Jateng sampai sebagian Jatim. Dan kesimpulannya EF yang dipasang di mobilku ini benar-benar handal menjaga suhu mesin stabil di suhu kerjanya.

Buat yang mobilnya masih pakai kipas manual dan merasa trauma atau was-was dengan yang namanya overheat, monggo pasang nih EF!

About these ads

~ by si_kumbang on 17 August 2010.

43 Responses to “Pasang elektrik fan di mobil jadul”

  1. halo mas, tanya dong kebetulan saya juga pemilik katana yg lagi pusing karna overheat. Alternator perlu diganti dg kapasitas yg lebih gede ? atau yg standard bawaan udah cukup ?
    Thanks

  2. sejauh ini katanaku dgn aki dan alternator standar, plus audio system, masih sanggup tuh. cuma kalo audio abis digeber keras2 agak lama, ada gejala aki susah starting mesin tp gak sampe tekor kok dan ini cm kadang2 aja.
    apalagi kalo tanpa audio,mestinya cukup mumpuni donk kan kipas juga gak muter terus2an…

  3. wah pas banget neh sama masalah yg saya hadapi, btw posisi saya di bdg, kira2 di bengkel mana ya yg bisa ngerjain ginian…????

  4. di semua bengkel mestinya bisa,beli bahan2nya aja dulu.. aku aja yg newbie bisa pasang sendiri kok di rumah, walopun ngabisin waktu seharian.hehehe
    beli bahan2nya salah satunya di http://tangomotor.com

  5. ayooo temen-temenku tersayang! tingkatkan pahala kalian dengan membaca artikel yang saya buat dan memberikan komentar dan LIKE kalian pada blog saya : http://pelangiituaku.wordpress.com/2010/08/24/welcome-to-the-next-city-2010-%E2%80%9Cjelajah-kota-depok-2010%E2%80%9D/ !!! jangan lupa yaaa… makasiiih ^_^

    salam dari
    pelangiituaku

  6. Mas kira2 biayanya total berapa tuh ganti electric fan untuk jimny. trims

  7. @maman: aku beli paketan EF termasuk termoswitch+dudukan, dll 650ribuan… menurutku worth it lah, biar tenang kalo macet2an dan AC jg tetep dingin..

  8. pas bgt dg keluhan sy selama ini,jimny saya lebih tua lg.sierra thn 84. klo macet pasti stress.bisa di info kan harga part nya per bagian?

  9. salam sesama wong jogja

    aku juga dah ‘pake’ EF-nya mas dab,…masalahnya kalo di Tarujo-q kipas-nya baru muter kalo temp dah di 1/2. jadi tetep kawatir. atau emang kalo taruna di separo yaa.

  10. salam kenal,

    mas klu pasang EF + thermoswith….apakah thermostat tetap di pasang ya…tks

    daru

  11. @mufti: kurang paham harga per part. kalo gak salah kipas copotan yg dual speed sekitar 250-350rb, kalo gak salah loh.

    @rundraj: kalo itu tergantung dari thermoswitch, set pointnya di cuhu berapa. Kalo dirasa fan nyala di suhu terlalu tinggi, ganti thermoswitch dgn setpoint suhu lebih rendah. sesuaikan dgn kisaran suhu ideal kerja mesin, kalo ini tiap mesin beda2.

    @daru: harusnya thermostat tetep dipasang, agar saat suhu udara dingin misal saat hujan suhu mesin terjaga di kondisi ideal, jadi nggak bosor bensin dan tenaga lbh optimal. juga biar manasin mobil nggak terlalu lama di pagi hari.

  12. Terima kasih atas ilmu cara memasang EF
    Moga bermanfaat dan dapat ganjaran dari YME
    Karena ilmu tak bermanfaat kalo tak diamalkan.

  13. Mau tnya mas, itu paketan yg buat katana lgsg plek ya mas?
    Ga ada mentok sana sini kan?

  14. @adin: kembali kasih :)

    @andri: plek banget sih nggak, namanya pake barang copotan mobil lain., tergantung ada stoknya bekas mobil apa. Tetep butuh penyesuaian buat dudukan. bengkel pasti bisa lah ngakalinnya.
    Beruntungnya aku dapet yg NYARIS plek ke radiator ori :D

  15. mas, katana saua sudah di ganti EF karimun, memang sih tudungnya lebih kecil, jadi ada sebagian permukaan radiator yg ngga ketutup, saat di geber di tol sekitar 80 km/jam, temperatur langsung naik….kira2 kenapa ya? apakah rpm EF karimun tidak ngejer ama rpm mesin?

    Tengkyu

  16. Info nya berguna kang, mohon ijin copas skemanya..

    matur thank you..

  17. mau nanya itu EF nya mobil apa.? baru apa bekas. trims

  18. @andisuf: info aja, gak harus semua kisi2 ketiup fan. Ada kok beberapa mobil yg dr pabriknya, EF nya gak niup semua kisinya. Bisa jd RPM EFnya kurang kenceng, tp kl boleh saran sih coba dicek dl keseluruhan sistem pendinginan, apa semuanya msh dlm kondisi fit. Soalnya ada jg beberapa pemilik jimny (berumur) gak bermasalah dgn suhu mesin walaupun msh pake fan manual, karena cooling system nya msh bagus.

  19. Mas…mantap ilmunya, Mas mau tanya klw yg di pake bekas copotan mobil apa ?

  20. mas ngerombak electrik fan habis berapa dananya,biar bs ditaksir keadaan kantong saya,thanks.

  21. mahall
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/06/harga-pertamax-naik-ninja-250-r-minum-premium/

  22. bos itu fan bekasnya mobil apa ya? bisa pas bgt ama katana nya hehehe pengen masang juga saya

  23. mantab bos…..rapih kerjaannya…

  24. mas Fikry muantab infonya, orang Yogya ini memang TOP

  25. Wah info menarik nih,habis brp gan?beli ef nya brapaan dan dmn?need reply.thx

  26. salam kenal pak….
    cary 1.6 saya ,temp mesin naik saat pakai ac terutama kalau macet…kalau rpm mesin tinggi temp lumayan 1/4 .kalau pasang electruik fan bisa g pak..trust dimana bengkel pasang electrik fan sekitar cikarang-bekasi?
    terimakasih

  27. salam kenal, sy pemilik katana juga dan tertarik sama EF…jd kira2 untuk pasang EF habis dana berapa ya? mohon sms sy ya mas…terima kasih.

  28. thermoswith nya pakai mobil apa yang cocok buat katana

  29. Sangat berguna sekali….. Akan sy praktekan di Katana GX ’96 saya… :) Maturnuwun..

  30. Mas, mo tanya ya. Mobil saya kijang super 92, sudah pasang ac, jadi sudah ada elektrik fan atau extra fan berada didepan kondensor untuk mendinginkan kondensor (sistem AC). Klo saya cermati keterangan riko, EF itu adalah untuk pendinginan mesin. Mohon pencerahannya apakah berarti ada 2 elektrik nya di mobil katana mas itu.? Adakah space untuk memasang EF misal, pada kijang saya? dimana akan diletakkan? karena dengan 1 extra fan saja, ruangannya sudah sempit. Maturnuwun

  31. artikel yang mantap. Apalagi disertai gambar. Paten kali lah kata orang medan.

  32. artiker yang mantap. Thanks mas..

  33. Mas mo nanya dimana bisa dapet thermo switcs yang on pada suhu 70 derajad atau 80 derajad, soalnya udah puter puter adanya on pada suhu 90 an… trims

  34. apakah thermoswitch ada 2? Pakai thermoswith apa ya digambarnya itu?

  35. kira-kira dengan pakai EF di katana apa kekurangannya ya mas…. ?

  36. terimaksih sudah berbagi pengalaman, saya akan mencoba !

  37. Seharusnya kalau masih pakai thermostart temp di posisi 45 persen (81 C) bukan seperti foto diatas, saat ini EF karimun yg paling ideal buat katana

  38. Kendaraan sy zebra 1.3 thn 90 selain pakai kipas konvensional sy juga pakai extra fan ( letaknya dibelakang radiator ) yg diaktifkan kalau kondisi jalan macet dgn cara manual artinya dgn tombol on/of, ternyata ampuh juga utk menjaga suhu mesin agar tidak overheat, setelah jalan lancar extra fan sy non aktifkan.

  39. oi fik,
    share aja ya,
    si gracy great corolla 92 punya masalah dengan suhu.
    baik suhu mesin maupun suhu ac di dalem kabin.
    dan setelah riset,ak bs nyimpulin,extra fan tu ga bisa sembarangn.
    jikalau rusak,mending dicariin ori,krna ni vital bgt(gpke alat ya).
    ak prnah ganti kipas radiator ga ori dan dengan kondsi rumah (shroud) pecah.
    alhasil zonk,suhu mesin pasti setengah terus.
    ac juga jadi ga dgin.
    bgtu juga dengan kipas kondenser ac.
    kedua kipas ini (radiator maupun kondensator) saling melengkapi dalam kerjanya.
    mendinginkan radiator juga kondensator ac.
    kalo bagus,suhu mesin dan kabin ok.
    kalo jelek zonk deh pkokx.
    so kalo ada kerusakan,ganti ori ya.
    demikian shareku.

  40. ikut nimbrung neh…. sy punya katana 91.. yg bermasalah kipas pendinginnya berputar terus meskipun melaju cepat… tp kalo hujan + udara dingin auto kipas pendingin berfungsi itupun kalo tidak kena macet dijalan.., biasanya yang bermasalah apanya tuh… yg mana diperbaiki…. mohon solusinya… thnks

  41. apakah dengan menggantikan kipas lama menjadi electric fan pemakaian bensin tambah irit ???

  42. Trims infonya mas

  43. Thanks mas.. Infonya sangat bermanfaat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: