New Jupiter Z 115CC

 

Meski cuma beda 3,4 cc, spesifikasi itu cukup membuat Jupiter-Z naik kelas. Kini, mesin motor bebek Yamaha ini menjadi 113,7 cc atau masuk ke kelas 115 cc. Sebelumnya, kapasitas mesin motor ini 110,3 cc. Strategi pemasaran Yamaha adalah menempatkan Jupiter-Z baru pada segmen lebih tinggi dari versi sebelumnya. Risikonya, harga juga harus dinaikkan. Misalnya, variancasting wheel naik sekitar Rp 500.000. Bila sebelumnya Rp 14.035.000, kini varian itu menjadi Rp 14.500.000. Adapun varian jari-jari, dari Rp 13.260.000 memjai Rp 13.800.000.(harga OTR Jakata)

Sumber tenaga baru dari Jupiter-Z juga mengalami perubahan karakteristik, meski beberapa spesifikasi masih sama. Mesin baru memiliki diameter lebih kecil dan langkah lebih panjang.

Menurut Ir Dyonisius Beti, Wakil Presdir PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, mesin baru ini mengadopsi teknologi sport. Tidak dijelaskan lebih rinci, bagian mesin yang mengadopsi teknologi sport.

Klaim Yamaha, mesin baru ini berakselerasi lebih cepat 0,1 detik untuk 0-100 meter. Kecepatan maksimum juga naik sedikit, tetapi masih di bawah 100 km/jam, yaitu dari 88 menjadi 95 km/jam. Adapun kondisi pengetesan tidak dijelaskan.

Yang cukup ganjil adalah dengan kapasitas mesin yang lebih besar, justru tenaga san torsi maksimal lebih kecil daripada Jupiter Z terdahulu. Meskipun keduanya diraih pada RPM yang lebih rendah daripada Jupiter Z lama.


Salah satu yang sangat menarik dari bebek baru Yamaha ini adalah penampilannya yang lebih sportydan atraktif, terutama pada lampu kombinasi depan yang berada di kap atau tameng (di bawah lampu utama). Kombinasi lampu itu terdiri dari lampu sein dan lampu kecil bulat dengan desain gaya proyektor.

Alhasil, penampilan motor ini seperti sosok binatang, tanpa bisa menjelaskan jenisnya. Malah, desain kap atau tameng dibuat meruncing seperti paruh burung. Yang pasti, lampu depan model baru, terdiri dari dua lampu, kanan dari kiri, merupakan tren masa kini.

Di belakang, desain lampu kombinasi itu juga baru. Bagian itu tampil dengan gaya LED (LED look) atau menggunakan beberapa bola lampu kecil sehingga mirip dengan lampu LED.

Yang tak kalah menarik adalah desain tutup setang atas. Kombinasi dua warna, silver dan dop hitam yang memberikan kesan sporty dan dinamis. Perubahan lain yang cukup mencolok adalah desain panel instrumen atau meter kombinasi.

Pada Jupiter-Z baru, meter kombinasi menggunakan desain tiga dimensi. Spidometer dan indikator gigi dipisahkan dan dilengkapi dengan pencahayaan LED biru. Alhasil, pada malam hari, bagian ini mudah terlihat karena lebih terang. Di samping itu, lampu ini juga berkilau sehingga tampak lebih gaya dan keren.

Kotak bagasi di bawah sadel dilengkapi pula dengan penutup. Tambahan baru lainnya adalah model kunci kontak yang disatukan dengan pengaman dan pembuka jok secara otomatis. Jadi kini, jok dibuka dari depan. Bagian lainnya, seperti rangka, rem, suspensi, dan knalpot tidak mengalami perubahan. Padahal, bila dicermati lebih teliti, maka Anda akan menemukan kalau desain knalpot juga sedikit berubah.

 

 

desain speedo futuristik, shutter key, lampu canggih, tambahan bagasi

 

 

new headlamp plus sein di tebeng depan, bak mesin baru berkesan canggih

 

 

 

New Jupiter Z                        Jupiter Z Lama

kapasitas mesin                           113                                              110,3

diameter x langkah            50,0 x 57,9                            51.0 x 54,0

kompresi                                       9,3 : 1                                       9,3 : 1

tenaga max.                    6,0 kW @7.500 rpm          6,55 kW @8.000 rpm

torsi max.                        8,3 Nm @4.500 rpm            9 Nm @5.000 rpm

About these ads

~ by si_kumbang on 1 December 2009.

37 Responses to “New Jupiter Z 115CC”

  1. wuih keren cuy, jupiter gw yang udah modifan pun kalah, desainya keren banget, gw berfikir klo gw bsa beli tu motor. keren cuy, yamaha emang motornya juara dunia.

  2. iya keren nih bebek, kata orang futuristik…

  3. Mantap lah…jupier z is fantastic, very fast!! kata palenino lossi

  4. @zble: wkwkwkwk,,bisa aja tuh si rossi!

  5. q udh bl,emang keren n yg pasti tenaganya tambah yahud,emang lom cb jarah jauh bab plat no lom ada.hebat yamaha

  6. jupekch emank kerenzzzzzz…….

  7. apik tenan,aq wes duwe…
    mantaaapppppp tenaganya………

  8. bah… emang sih naek 3,4 cc tuh kaliatan tenaganya tapi kenapa naggung baget ya.. kenap gak di naikin jadi 4 ato 5 getu biar yang naek sobek se sempak2nya.. hehehe…

  9. buat yang udah beli..met menikmati aja…
    kayaknya emang nih motor worth to buy banget…
    jangan suka lewat jembatan ya! entar roboh..heheeh :D

  10. jadi pengen nyoba ne bebek enaknya di apain yaaaaaaaaa

  11. nyonya ku meh beli yg ijo…wah…..aq jg ikiut seneng. paling ga bs ikut nebeng ngrasai. tp….pasti kalah jauh ma suzuki satria RU ku. sapa yg pnya Jupe ga trima boleh diadu

  12. Klw d aduh antara jptr z baru N New smash.
    Mana yg lbh cepat ???

  13. kemarin habis nyoba balapan dari Prambanan sampai pabrik gula gondang klaten sama Vega R ku, akselerasi awal menang Vega R tapi setelah gigi 4 menang ini motor…

  14. ne motor kenceng juga,tp bru mau lari pada jarak jauh,awal tarikanx kalah sama honda blade,tp kalau udah di gigi 3,jupiter bru naik larinya….

  15. new jupiter Z gua..belum sebulan dh berasap putih..pas hidupin paginya..kenapa tu…????

  16. Klo Menurut Mekanik Bengkel Umum Klo ngasap Putih minta di Bongkar KOP silindernya,Tp pas Saya pakek BBM Shell Udah nggak,Apa mungkin Jupiter 115 Konsumsinya Setara PertamaX Ya… coz Klo dikasih Premium lg Berasap Dan Klepnya kemlitik

  17. aku ada yang merah hitam, belum genep 1000km, CDI aku ganti dengan yang unlimiter, lubang hisap dan buang serta manifold diporting, tenaga “nendang”.. sekarang kerepotan mo ngecilin Gear belakang..udah muter Yogyakarta belum ada juga..

  18. ini baru fantastic, very fast>?>>

  19. Pelat koplingnya cuma 2 lembar bro…wah gimana nih? Jangan-jangan permasalahan kopling MX keluaran tahun-tahun pertama terulang di Jupiter 115.

  20. Iya bro gua ragu nich beli yamaha jupiter Z,mendingan gua pilih HONDA SUPRA X 125 NEW dah pasti oke lah…………

  21. tul kata si topone mending pilih HONDA NEW SUPRA X 125 yang dah diuji kehandalannya coy……

  22. bro… aku punya yg warna biru….

    kok dari RPM dari gigi 1-3 ny gede banget ??? gigi 1 aja maksimal 30 KM, gigi 2 max 50KM, gigi 3 max 70/80KM [tergantung dah diserpis/belum]
    nah giliran gigi 4 bisa nyampe 100-120KM

    plus… kalo ane mau modif biar lebih bertenaga gimana bro ???
    karbunya diganti pake karbu apa biar makin kenceng ???

    and Kalo diadu ama Blade 110cc Repsol

    Balde:
    Daya maksimum 8,46 PS/ 7500 rpm
    Torsi maksimum 8,5 Nm / 5500 rpm

    Jupiter:
    tenaga max. 6,0 kW @7.500 rpm
    torsi max. 8,3 Nm @4.500 rpm

    kayaknya Jupe kalah bro ???

    kalo menurut loe ada penjelasan ilmiah ngak ?? ato ada yg bisa njelasin ???

  23. Gw bli wrna merah hitam,,
    Tnaganya oke, wktu di uji sma Honda Blade jup z mnang di akselrasi akhir cuma Blade mnang di akselersi awlnya aj udh it ko..

  24. @dyfan: kalo mau korek mesin ringan, coba yg plug n play dl. salah satunya ganti knalpot yg lebih plong dan upgrade pengapian (CDI,koil,busi).. kalo dirasa kurang baru ganti karbu, karbu orinya kan msh bisa dimaksimalkan dl.. atau kaya yg dilakuin bro Yoga di atas tuh..

  25. @fikry:

    bos…. tapi kalo masih standar diadu ama Blade Gimana tuh ???
    ane kalah jauh nggak ??

  26. wah kurang tau jg tuh, aku gak punya jupiter ataupun blade soalnya.. :D

  27. Aku punya JuZ baru warna merah hitam.
    JuZ baru kalo dikasih kopling manual bisa gag?
    Trus efeknya apa? dan gimana dengan tarikan dan kecepatan maksimalnya?? Skedar nanya spaya ane dkk pda tau..

  28. harusnya sih bisa dibikin kopling manual, tuh yg dipake roadrace kan koplig manual semua…
    cuma aku kurang tau perangkat kopling manual yg plug n play di new JupZ udah ada di pasaran blm. maklum, udah gak update dunia permodifan, hehe.

    sejauh yg kutau, kopling manual gak nambah topspeed. Cuma nambah akselerasi aja

  29. kk………
    jupiter 115cc ini …
    udh ad bak kopling nya g…??

  30. YAh klo di bore up sih lmayan tnaganya lah … berani deh nantangin blade ama revo ..

  31. gw punya yang merah item dan gw kasi nama merah delima sampai saat ini refo, blade and vega belum ada yang ngalahin bahkan mtor gw masi brani nguber tander!!! gw cuma ganti gir depan stel klep dan jg tergantung yang bawa brani or ga buat ngebut

  32. gw pnya wrna hitam, waktu d.tes sma jup mx jarak 100m imbang aja kok…

  33. sy punya jupiter 115 akselerasi baru terasa di gigi 3 dan 4 percaya gk tiger keluaran terbaru lewat brow…soalnya tigernya parkir cih hehehehehe!

  34. gua punya new jupiter z biru brow,tpi kok tenaga ya kurang apa ya

  35. q pny jupiter 115cc,BBMny q pke pertamax,stelah sya bawa lajuny bs mlebihi dr kpasitas mesinny yaitu 120cc,dr awal sdah pke pertmax,bukn main2 mang ni motor.

  36. Sya pnya yang wrna merah, mhon solusinya sya da ganti knalpot pke ahm rcing dan smua standar top speed dpat 120 tp stlah ak ganti gear pake 15 – 38 top sped gear 3 dpt 100 km/jam tp gear 4 lemot mank dpat 110 km@jam… Mhon solusi nya brow…

    Part ap aj yang kta ganti low mau nambah cc jdi 120cc yang bsa untuk harian dan touring…. Sblumnya makasih

  37. Gan, ukuran knalpot Jupiter z yg lama sama amajupiter z yg baru gk? Cos punyaku rencnanya mau q ganti am knalpot yg versi lama… N kira2 suaranya masih antep gk?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: