mengukur konsumsi bensin Honda Vario, irit atau boros?

 

"si pupi" namanya... alias si putih pink!

"si pupi" namanya... alias si putih pink!

Apakah skuter matik anda boros BBM? Dari yang udah pernah kita dengar emang skutik terkenal lebih boros bensin daripada motor bebek dengan kapasitas mesin yang sama. Alasannya jelas karena CVT yang memaksa mesin selalu bermain di RPM relatif tinggi untuk mulai menggerakkan roda belakang. Jika pada motor bebek, cukup dengan memutar gas sedikit aja udah mampu bikin motor bergerak. Sedangkan pada skutik perlu RPM lebih tinggi untuk membuatnya bergerak yang otomatis bikin bensin yang tersedot lebih banyak.

 

Spek yang dipake

Kali ini aku coba ngetes berapa sih konsumsi bensin vario tahun 2008 awal punyaku. Nih motor standar abisss… Sebenernya gak cuma sekali ini aku ngetes konsumsi bensin varioku. Tapi pengetesan kali ini yang paling mutakhir! beuh…gaya banget!

BBM yang dipake jenis non subsidi yaitu Pertamax, maap-maap nih yang ngerasa punya mobil mewah harga Rp 250 juta ke atas harus malu ma aku kalo masih ngisi tangkinya pake BBM subsidi untuk rakyat miskin! Motorku yg cuma vario aja mulai anti BBM non subsidi tuh! Kondisi motor udah 3 bulan gak diservis dan 5 bulan gak banti oli, jadi gak lagi dalam kondisi prima nih. Sengaja juga sih buat ngebandingin sama konsumsi bensin kalo udah servis dan ganti oli entar.

Mulai Pengetesan

Dilakukan 2 kali pengetesan biar lebih akurat. yang pertama, Senin 17 Mei ngisi Pertamax sampai full tank di SPBU Pasti Pas di utara tugu jogja. Odometer menunjukkan 6801,5 km. Motor dipake seperti biasanya mengantar ke kampus, rumah, ke beberapa rekan dan kolega juga menyambangi beberapa tempat lainnya. Sempat juga motor ini dipinjam teman dan ayahku waktu lagi bertandang ke jogja yang punya riding style beda-beda. Juga sempat nganggur beberapa hari karena lagi long weekend.

Seminggu kemudian yaitu Senin 24 Mei setelah angka di odometer berubah jadi 6863,3 km tangki bbm kembali diisi ful. Pukul 09.00 menuju SPBU yang sama seperti waktu ngisi. Dibutuhkan pertamax sebanyak 1,55 liter untuk membuat tangki bensin benar-benar full! Mari berhitung konsumsi bensinnya…

6863,2 km – 6801,5 km = 61,7 km

61,7 / 1,55 = 39,8

jadi konsumsinya—> 39,8 km/L


Setelah motor kembali dipake membanting tulang mencari ilmu dan kesenangan kesana kemari, Sabtu 30 Mei odometer udah ngasih tau angka 6965, 7. Datang lagi ke SPBU yang sama kayak sebelumnya. Kali ini butuh Pertamax sebanyak 2,44 liter. Yuk ngitung lagi…

6965,7 km – 6863,2 km = 102,5 km

102,5 / 2,44 = 42,008

nah kalo ini konsumsinya—> 42,008 km/L

 

Jadi kalo dirata-rata 40,9 km/L. Gimana? termasuk boros gak skutikku? Ini baru vario loh, gak tau skutik lain macam Mio, Spin, Nouvo, Skywave, Spin atau Kymco. lagian nih motor lagi gak kondisi fit. Harusnya kalo udah diservis dan ganti oli bakal lebih irit. Dulu juga pernah beberapa kali kutes konsumsi bensinnya, hasilnya dari yang paling boros 33km/L gara-gara belum bisa ngatur emosi naik motor matik sampe 54 km/L waktu survey KKN ke Bantul. Tapi rata-rata buat dalam kota sekitar 40-43km/L. tapi yang jelas masih lebih irit daripada Tigerku yang konsumsi bensinnya kira-kira 35km/L.

Cara Simpel Hemat Berkendara

Sedikit tips simpel buat bikin hemat skutik:

- Tiap membuka gas harus diurut, gas dipelintir dikit-dikit. Pokoknya jangan sampai bikin suara mesin meraung, ikuti aja suara putaran mesin. Gas diputer dikit, kalo udah mulai jalan bisa ditambah lagi dikit, gitu juga kalo kecepatan mulai naik bisa digas lagi dikit, gitu seterusnya.

- Buat mengurangi kecepatan hampir sama dengan di atas. Tutup gas sedikit-sedikit. Usahakan berhenti memanfaatkan deselerasi alami dari motor. Misal di lampu merah, dari kejauhan kita udah mulai ngurangin gas sampai akhirnya gas nutup penuh, biarkan motor menggelinding sampai di lampu merah. Kalaupun menggunakan rem usahakan menekan sehalus mungkin tanpa hentakan, berbarengan rem depan-belakang.

- Jaga emosi. Biasanya tantangan berat adalah provokasi dari rider lain yang naik motor ngebut dan bikin hati kita “panas” pengen ngeladenin. Apalagi kalo di lampu merah dan kita ada di barisan terdepan. Begitu lampu hijau motor-motor yang lain saling berebut jalan duluan sambil ngebut. Gak usah kebawa emosi ikut-ikutan mereka! tetep lakukan cara ke 1 di atas! cuekin aja motor yang sok tarik-tarikan pas lampu ijo, cuman buang-buang bensin tuh…

- Perhatikan kesehatan motor, servis teratur, gak telat ganti oli (jangan ikutin aku yg telat servis dan ganti oli ya! gak baik…hehe), tekanan ban, hanya mengisi bensin di SPBU yang terpercaya.

Yupz…sekian curhatku! moga vario ente lebih irit dari punyaku yah…!

About these ads

~ by si_kumbang on 31 May 2009.

41 Responses to “mengukur konsumsi bensin Honda Vario, irit atau boros?”

  1. VRoooOOoom!!!

  2. Bro, vario aku pake vario keluaran tahun 2007, belinya kira2 bulan april. Gw bandingin komsumsi bbm nya mirip2, mgkin karena satu pabrik ya? (:p) Cuma bro, itu skuter pas di start bunyinya kok berisik bnget seh? Rasanya mo meledak gitu, bikin kaget orang2 se-gang. Aku jadi g pede idupin tu motor dikeramaian, kecuali udah pake helm (biar lebih suaranya berasa lebih alus ;p). Aku bandingin ama vario 2008 punya kayaknya g seberisik itu deh, bro da solusi kira2 tu motor kenapa? Any idea?

    Thanx bro

  3. yang bunyi berisik itu mesinnya bro? mungkin dari CVTnya, bs coba servis di AHASS dulu…

  4. [...] dan kenyamanannya? Selanjutnya terserah anda… Possibly related posts: (automatically generated)mengukur konsumsi bensin Honda Vario, irit atau boros?pasang kaki palsu macan yang picangMinerva Sachs 250 akhirnya lahir juga…Honda akan Luncurkan [...]

  5. motor saya honda BeAT,kira2 ganti oli setiap berapa kilometer?
    apa oli juga bs mempengaruhi borosnya bensin?

  6. yg disaranin sama bengkel resmi tu 4000km…
    oli yg udh dipake lama pasti kinerjanya udh berkurang buat melumasi mesin, secara otomatis kemampuan mesin jg jadi berkurang.

    Secara gak langsung mempengaruhi konsumsi bensin jd lbh boros. karena butuh putaran gas lbh dalam utk menjalankan mtr, yg berarti bensin lbh banyak mengucur…

  7. wah mantep tu tips/lo ngakalin mesinnya py

  8. jogja juga ya kalo servis biasanya yang bagus manaya aku juga baru tak servis varioku tapi biasanaya kalo servis aku cuma ganti oli cuma kmrn keluipaan bilangin kediler jangan utak atik karbu ehhh malah jadi boros masih kalah irit ma vespapts ku solusinya gimana minta ptunjuk

  9. iya jogja nih, biasa kalo servis di AHASS Alfa utara RM sederhana jakal…
    wah berarti vespa PTS irit juga yah? keren tuh vespa…

  10. Kata mekanik nya honda vario itu auto chuk, jadi kalo mesin dingin pas di start suara agak kenceng, tapi kalu udah mesin rada panas normal kembali..

  11. bro numpang bertanya nh seputar metik.

    kenapa sih honda beat lebih irit ketimbang honda vario?(klo emg irit,soalx gw blm test.hhe)
    pdhl kan teknologi vario lebih canggihlah darpd beat (dr segi pendinginx) ap krn bobot mtrx ato ad hal magis lainx?(hha mksdx ap ad faktor lainx?)
    thx.tlg d jwb

  12. Thanks bro ttg varionya..Gni bro varioku pupink,10.Msh stndr sih..Plng bln dpn mo tak sihir,jd mog mact(moge matic)dgn velg 14,tpl lbr.Ya pke velg mobil gtu..U vctny bsa d rubah ngk y,biar ngk ngeden tarikan nya?

  13. Punya saya juga sekitar 40 km/liter. Malah saya pakai pertamax plus. Cuma kalau sering digeber 100 km/jam cuma 36 km/liter. Saya pikir konsumsi bbm seperti itu wajar dan normal. Saya tinggal di Bandung.

  14. ukuran tekanan angin vario ban depan dan belakang berapa? klo sendirian berapa klo boncengan berapa?

  15. cuocoookk…….
    nie buat tambahin,.
    1. kasie 4 kapur barus di tangki, BENSIN SERASA PERTAMAX… hhaa,.
    2. roller ganti 3-kotak 3-bunder-11mg, wheezz JOZZ larinya…
    3. v-belt ganti punya kymco125, 80km/jm cuma 4detik…. ngeri!!!
    buktiin aja wiz yo……..

  16. [...] Sumber [...]

  17. makasih info2nya..oya emang kl v.belt diganti kymko cocok ya..????

  18. mas aku pake Vario thn 2010 mas sedikit borooooooooosssss masss

  19. @cap lionk: menurutku IMHO justru karena pake radiator, soalnya pompa radiatornya pasti sedikit banyak ikut membebani mesin. makanya kl di moge2 balap, biasanya ganti pompa elektrik. selain bobot beAT yg lebh enteng juga

    @widhy: setting ulang roller aja

    @adjie: tekanan ban baik boncengan atau sendiri, depan 29 belakang 33 psi

    @djiebond: wah thanks berat tipsnya.. tapi katanya kapur barus itu kotor banget loh? mending sekalian pake pertamax aja kali ya..

    @tripamadi: wah aku sendiri blm nyobain tuh..hehe

    @gusde: coba diservis di bengkel resmi mas, kemarin varioku jalannya nyendat2 dan tarikan berat bgt. Cuma disetel karbunya di ahass jogja langsung beres..

  20. Saya baru ambil Vario yg biasa…
    Dari dealer, isi full tank (3.55ltr)…
    Pas km 85, saya isi full tank lagi. Masa 3.7ltr ???

    Full tank cuma kuat 85 km??
    Ga salah?? Knp ya??

    Btw, isinya Pertamax lagi…

  21. bro mau tanya nie,,,,,knapa ya varioq kalau posisi stanby mesinnya gak stabil,,kayak kekurangan bensin,,,mohon jwabannya bro,,,,thanks before

  22. stasioner gak stabil banyak faktor ya setauku. paling gampang coba setel karbu dulu (setelan angin/gas). dulu pernah jg varioku gasnya gak stabil, tarikan berat, cuma setel karbu aja di AHASS beres tuh, gratis pula.

  23. ok deh makasih pencerahannya,,,,bro,,,,:)

  24. masih tetep bro,,,,mungkin ad penyebab lain ya,,,,oya gmn cara ngecek aktif gak aktifnya oto chuk ya….coz varioq walau d stat pagi ato mesin dingin gasnya tetep aj langsam kayak ud panas gt,,,gmn ya bro…makasih lg sebelumnya,,,

  25. sdah beres bro kumbang,,,q ud ke ahass,,,n hsilnya memuaskan ,,,,

  26. woi , AHM oil bagus kan ?

  27. vario kluaran 2007
    jarak tempuh -+ 50 km pulang balik bensin 1x pull g cukup brow
    & itu vario milik aku,,boros banget kn?
    tolong solusix brow..
    klau larinya lumanyan kencang pas aja,tp ini g smpai 100 gasx udah mentok….huuuuuhhh
    ada yg bilang honda lebih irit ini mah ngurit dompet…hehe
    apa krna pngaruh motor sdh kadaluarsa brow,,tp suara mesin msh bagus ko’ gmn y kra” solusix itu brow,,,
    tanks y..lamkompak ja…sulawesi

  28. brother….
    vario ane taun 2006 warna putih item…
    mo sharing aje neh…
    sebelumnya ane pake ninja rr taun 2008….tapi gk tw itu motor ane d bawa k mana ama maling…ampe skrng lom balik2 motor ane…jadi aja ane ganti motor vario…niatnya mah spaya bisa nyante di jalan n gak pegel klo dah kena macet…tp napa konsumsi bbmnya gak beda jauh borosnnya ama ninja ane…?dalem cvtnya ane dah ganti pernya punya kawahara racing n rollernya ane ganti yg racing jg punya KTC….apa gara2 itu motor ane jadi borosnya vario = ninja rr..

  29. mau numpang share. Varioku 2011.ke semarang jarak 116 km cukup isi 10rb atau 2.2 ltr. Irit banget khan. Pokoknya puas,..nyaman dan irit.

  30. sharing juga yah..
    Pengalamanku pernah pake vario cw dan sekarang pake vario sitechno. Ternyata cara berkendara juga sangat berpengaruh pada konsumsi bbm. Perbandingannya:1 liter bbm utk jalan pada kecepatan sampe 60km/jam secara kontinyu bisa dapet 60km, sedangkan pada kecepatan tidak menentu atau diatas 60km/jam sampai mentok gas 1 liter bbm cuman dapet 39,5km aja. Dan menurut artikel yg pernah aku baca memang CDI pada vario termasuk canggih yg dengan 16 kakinya bisa mengatur konsumsi bbm lebih irit saat mesin pada putaran rendah dan berpindah lebih boros pada mesin putaran tinggi.

  31. brother.
    vario ku tahun 2009…..dari pertama beli sampai skarang biasa pake olie bawaan pabrik MPX2….nah yang saya mau tanyainn….cocok tidak olienya klo diganti sama shell helixx AX7……

  32. @ Hanz : sama tuh. aku juga baru beli vario CW september 2011 lalu (baru 3 bulan), varioku ini aku pake cuma untuk jarak dekat (max radius 30km dari rumah), gak setiap hari dipakai, dan aku bermain di RPM rendah ( kecepatan rata2 40 – 60 km/jam), tapi kenapa konsumsi BBM nya boros ya?
    saat pertama kali mengadakan pencatatan utk konsumsi BBM, odometer nya 446, lalu isi bensin lagi di angka 529, 598, 685, 767. Karena memang pingin tau konnsumsi BBm motor baruku ini, aku selalu usahakan selalu mengisi BBM saat jarum di odometerku di dasar garis E, lalu mengisinya full tank.

    NB : Berdasarkan spesifikasi yg tercantum di brosurnya, kapasitas tangki vario CW adalah 3.6 liter, dan setiap isi bensin memang berkisar di angka itu.

  33. Mw tanya nh broow,, emank iya lw pagie” posisi mesin itu dingin,, banyak temen ku yg bilang,, biar motor umur panjang,, selah” dulu kurang lebih 10 kali,, biar oil naik katanya…. Ia gk sh…??

  34. bro, vario ane boros banget, apalagi sekarang BBM naik biasanya 10.000 bisa buat 2 hari sekarang kudu 19.000. Malang – Tulungagung klo pake supra 125 cuma isi bensin 1 kali full kalo pake vario ane bisa 2-3x isi mohon bantuannya om .. oli juga boros kagak ada 2 bulan sudah kosong isi mesinnya .. parah banget ..

  35. saran dikit gan.
    mendingan servis di bengkel langganan yang udah puluan taun pengalamannya ketimbang di ahhas yang mekaniknya magang smk.

  36. Ane baru beli motor vario bekas tahun 2008 awal, ane coba service ulang total dari ganti olie mesin dan gardan.Ternyata kecepatan motor ane kenceng banget top speed nyampe 110, memang tarikan awal aga telat.Untuk konsumsi bbm terbilang boros karna ane terbiasa pake Supit jauh banget,Namun ane mencoba merubah cara berkendara ane yakni tidak menarik gas sekaligus, perlahan-lahan dan menggunakan rem tidak mendadak hasilnya klihatan lebih irit.

    Jadi menurut ane faktor berkendara juga salah satu yang membuat kendaraan jadi irit atau boros selain motornya.

    Tapi yang bikin ane jatuh cinta sama H*nda suspensinya bro, empuuk banget, pernah sebelumnya pake mio badan terasa naik bajaj, bergetar semua dan brorosnya minta ampun.

    Itu adalah pengalaman ane dan setiap orang pasti mempunyai kesukaan masing-masing.

  37. vario cw 2011 pake premium rata2 40-42/lt.sering perjalanan jauh n buat boncengan terus..lumayan irit n suspensinya empuk,nyaman buat berkendaravario cw 2011 pake premium rata2 40-42/lt.sering perjalanan jauh n buat boncengan terus..lumayan irit n suspensinya empuk,nyaman buat berkendaravario cw

  38. apa sebabnya honda vario non-injeksi gak bisa jalan ketika digas setelah terendam banjir?

  39. Itu irit banget bro.
    Varioku 1 : 17, trus pake fmx 1 : 20, trus terakhir aku obok-obok box aircleanernya tapi msh +/- 1 : 32. Bensin premix (petrx 1 prem. Full).
    Itu diapain bs irit. Tolong dishare

  40. Matursuwun Le info dan tipsnya,

  41. Lurd ,vario q tahun 2010,aku nyoba saran dari partner kerja ku katanya kalau bensinya di oplos stgah pertamax dan premium katanya bensin bisa agak irit,mesin bisa halus dan pembkaran bisa smpurna ,apa itu bner ? Aq nyoba tapi kok agak iya bener ,apa itu cuma sugestiku aja ikut2 tmen atau itu emg bner dlam dunia mekanik bgitu ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: