Passing Grade SNMPTN UGM

Sekedar buat info buat adik-adik yang baru mau lulus SMA dan pengen ikut SPMB yang sekarang namanya SNMPTN, niha ada passing grade buat jurusan UGM. Semoga bermanfaat buat yang pengen masuk UGM lewat SNMPTN 2009 nanti. Sebenernya ada beberapa versi passing grade yang beredar di pasaran kayak SSC, Neutron Yogyakarta, dan lain-lain. Nah di bawah ini salah satu versi passing grade UGM yang berhasil aku dapetin:

Passing Grade UGM Jurusan IPA:
1. Pendidikan Dokter = 55.00 %
2. Teknik Elektro = 45.50 %
3. Ilmu Komputer = 45.33 %
4. Teknik Industri = 44.67 %
5. Elektronika dan Instrumentasi = 44.50 %

6. Teknik Kimia = 44.00 %
7. Pend. Dokter Gigi = 42.50 %
8. Fisika Teknik = 42.17 %
9. Farmasi = 41.50 %
10. Teknik Nuklir = 41.50 %
11. Teknologi Pangan & Hasil Pertanian = 38.83 %
12. Statistika = 37.00 %
13. Matematika = 36.67 %
14. Kimia = 36.33 %
15. Ilmu Keperawatan = 36.17 %
16. Arsitektur = 35.83 %
17. Teknik Mesin = 35.67 %
18. Mikrobiologi Pertanian = 35.17 %
19. Teknik Sipil & Lingkungan = 35.17 %
20. Ilmu dan Industri Peternakan = 34.50 %
21. Gizi Kesehatan = 33.17 %
22. Teknik Geologi = 33.00 %
23. Teknologi Industri Pertanian = 32.83 %
24. Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian) = 32.33 %
25. Perencanaan Wilayah dan Kota = 32.17 %
26. Geofisika = 30.50 %
27. Biologi = 29.67 %
28. Fisika = 29.50 %
29. Teknik Geodesi = 28.83 %
30. Kartografi & Penginderaan Jauh = 28.33 %
31. Pembangunan Wilayah = 28.00 %
32. Geografi dan Ilmu Lingkungan = 27.50 %
33. Agronomi = 27.17 %
34. Budidaya Hutan = 26.50 %
35. Pemuliaan Tanaman = 26.50 %
36. Konservasi Sumberdaya Hutan = 25.33 %
37. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian = 25.33 %
38. Kedokteran Hewan = 25.17 %
39. Teknologi Hasil Perikanan = 25.00 %
40. Ilmu Tanah = 34.83 %
41. Teknologi Hasil Hutan = 34.50 %
42. Manejemen Sumberdaya Perikanan = 34.33 %
43. Budidaya Perikanan = 23.50 %
44. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan = 22.33 %

Nah kalo yang di bawah ini passing gradeĀ  UGM jurusan IPS:
1. Akuntansi = 56,67 %
2. Antropologi Budaya = 20,00 %
3. Arkeologi = 17,00 %
4. Ilmu Administrasi Negara = 36,67 %
5. Ilmu Ekonomi = 38,33 %
6. Ilmu Filsafat = 11,00 %
7. Ilmu Hubungan Internasional = 54,33 %
8. Ilmu Hukum = 33,00 %
9. Ilmu Komunikasi = 44,67 %
10. Ilmu Pemerintahan = 32,33 %
11. Ilmu Sejarah = 13,67 %
12. Ilmu Sosiatri = 20,00 %
13. Manajemen = 47,33 %
14. Psikologi = 42,33 %
15. Sastra Arab = 12,67 %
16. Sastra Indonesia = 13,83 %
17. Sastra Inggris = 38,00 %
18. Sastra Jepang = 35,50 %
19. Sastra Nusantara = 12,83 %
20. Sastra Perancis = 27,33 %
21. Sosiologi = 26,50 %

Buat yang berencana ikutan SNMPTN dan milih UGM, jangan patah semangat cuma gara-gara kuota SNMPTN lebih dikit dari kuota UM UGM. Yang penting tetep optimis dan jangan panik menghadapinya, tetep nyantai tapi pasti. Banyak-banyakin ngerjain soal-soal SNMPTN/SPMB taun-taun sebelumnya. Kan banyak tuh buku-buku kumpulan soal SPMB/SNMPTN. Kalian pelajarin aja soalnya dari taun ke taun pasti gak jauh-jauh lah jenis soal dan materinya. Paling nggak kalian kerjain soal-soal dari 5 tahun lalu sampe sekarang. Terbukti waktu aku ikut SPMB 2006, malemnya cuma ngerjain soal biologi tahun-tahun yang lalu dan ternyata soal yang keluar SPMB 2006 tuh bener-bener banyak banget yang sama persis sama taun-taun sebelumnya. Begitu juga soal pelajaran lain yang udah aku pelajarin sebelumnya, emang mirip-mirip kok. Alhasil aku bisa lolos SPMB dan kuliah di UGM sampe sekarang. Satu lagi yang paling penting, jangan pernah berhenti berdoa! Karena saat kita udah berusaha maksimal hanya Tuhan yang bisa menentukan hasilnya akhirnya. Good luck yah…!

About these ads

~ by si_kumbang on 24 April 2009.

109 Responses to “Passing Grade SNMPTN UGM”

  1. mas doian ya nanti saya SNMPTN mau ambil akuntansi dan TE sama ELINS.tapi bingung, TE apa ELINS yia??
    mas tau nggak bedanya TE sama Elins?kok katanya kalo di insustri itu sedang dibutuhkan banyak anak lulusan Elins katanya…

  2. Mas,, mwu nanya ni..
    buat FK UGM 2009 jalur SNMPTN diterimanya berapa orang yah? katanya <5 org ya?
    jadi pesimis.. ga usah diambil x ya..

  3. menurut situs resmi SNMPTN, buat pendidikan dokter UGM daya tampung untuk SNMPTN yaitu 20, sedangkan jumleh peminat tahun 2008 sebanyak 799 orang.
    Jangan pesimis donk,harusnya malah pacuan buat makin giat belajar. Kalo kamu punya kemampuan knp hrs pesimis?

  4. Perbedaan TE dan Elins, yang mendasar adalah Elins punya keminatan yaitu instrumentasi yang sangat dibutuhkan oleh dunia industri… Untuk hal yang lainnya, secara pribadi aku merasakan keduanya hampir mirip.

  5. Mas,mw tnya,kalo snmptn bsok,yg dterima di hi ma tlekomunikasi brapa org ea?Trus klo snmptn tu ktane cm 10% dr daya tmpung,bner ga mas?Thx bwt jwbnnya,,aq tunggu..

  6. buat HI daya tampungnya 16 sedangkan peminat tahun lalu 471orang.
    Tapi kalo tlekomunikasi ugm ga ada prodi itu, atau maksudmu ilmu komunikasi? kl komunikasi daya tampung 16, peminat taun lalu 618.
    Yang pernah aku baca dari KOMPAS beberapa waktu lalu, kalo ga salah kuota untuk SNMPTN 18% dari daya tampung total… goodluck y!

    Untuk yang mau tau daya tampung UGM lewat SNMPTN, nanti kuposting lagi deh.

  7. [...] daya tampung mahasiswa baru UGM jalur SNMPTN 2009 Setelah kemarin aku kasih tau passing grade UGM, buat adik-adik yang lagi ambil ancang-ancang ikut SNMPTN buat nembus UGM perlu juga tau [...]

  8. Rien_chand@yahoo.com

  9. Sepanjang yang aku tau emang ada prodi yg ditawarin di UM tp ga nrima lewat SNMPTN. Nah prodi apa aja itu, aku kurang tau jg abis prodi di UGM banyak bgt c ampe ga apal…hehe, Atau malah mungkin taun ini nrima lewat SNMPTN semua.
    Buat prodi yg udh pasti ditawarin di SNMPTN busa liat postinganku ini —> http://kumbangjantan.wordpress.com/2009/04/25/daftar-daya-tampung-mahasiswa-baru-ugm-jalur-snmptn-2009/

    Buat penerimaan program diploma atau sekolah vokasi UGM 2009, aku cuma bisa ngasih link di bawah ini yg kudapet langsung dr UGM:

    http://www.gadjahmada.edu/downloads/brosur-vokasi.pdf

  10. Rien_chand@yahoo.com

  11. yupp sama2..nice to help u…
    SNMPTN, kl km IPA atau IPS cm blh milih 2 prodi, kl ambil yg IPC blh milih 3.
    Ga hrs 1 univ kok bebas, tp salah satu program studi tersebut harus merupakan program studi dari PTN yang berada satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan yang lain dapat merupakan program studi dari PTN di luar wilayahnya (lintas wilayah). kecuali buat yg milih 1 prodi tuh bebas milih univ manapun.

  12. ms, dapet PGnya dr mn? kira” bs dibuat tolak ukur g? soalnya, ak lyat di bimbelku, PGnya beda sm postingan yg ini. hem. jd bingung. trus, ms, mnt saran dong. kl ak mau ambil HI, sm ilmu ekonomi, gmn? ak anak ipa ni…apa ak mesti nyari yg PGnya lbh rendah lagi? spy bisa ngimbangin yg HI ituu…
    thx,
    nia.

  13. emang PG tuh macem2 versinya…jd bs bikin pusing jg…
    Tiap bimbel yang ngeluarin PG punya cara masing2 buat nemuin PGnya.
    Saran aja nih berdasar pengalaman waktu ikut SPMB 2006, buat SNMPTN km bisa liat di daftar daya tampung dan perbandingannya dengan jumlah peminat taun lalu. Paling nggak bisa buat bayangan seberapa banyak “musuh” yang harus kamu hadapi.
    Menurutku ilmu ekonomi udh cukup kok buat ngimbangin HI. Km ikut yg IPC atau pindah haluan ke IPS? Kl IPC, pilih jurusanku aja(elins)!!hee *promosi mode on!

  14. Alow kak’
    mw nanya nie,
    kok peminat taun laluny cendrung lebi sdikit y dbnding univ laen??
    Qu liat2 nie, ada yg mpe seribuan gt….
    Kok gt y
    Thx..

  15. jangan bingung, jumlah peminat itu peminat taun 2008. Sedangkan daya tampungnya adalah jumlah daya tampung taun ini(2009)
    Asal tau aja, buat taun 2008 kuota SNPTN cuma 5% sedangkan taun ini max 18%. Jadi peminat yg dikit itu krn kuota taun kmrn yg sgt2 imut..!
    Daya tampung 2009 yg 18% aja dikit bgt gtu kan, apalagi yg 5% coba???

  16. Mz,,,maw tnya sebenernya wkt ngerjain soal itu ada pengurangan nilai nda ya???

    terus apa masi besar peluang utk masuk fak.psikologi.

    tx…jwbnya ditunggu di e-mail adjah.
    lam kenal ma met bjuank

  17. ksk…

    maU naNya…

    bwt SNMPTN kalo kita Ngerjain soaL, beNer=4, saLah=-1, kosOng= 0

    iiya gag???

    soaLnya denger2 UM UGM kemaren pun itu udda gag berlaku…

    tolong dibLs di emailku ya…

    arigato gozaimasu..^^

  18. kak…

    maU naNya…

    bwt SNMPTN kalo kita Ngerjain soaL, beNer=4, saLah=-1, kosOng= 0

    iiya gag???

    soaLnya denger2 UM UGM kemaren pun itu udda gag berlaku…

    tolong dibLs di emailku ya…

    arigato gozaimasu..^^

  19. kujawab disini aja y biar yg lain ngerti jg…
    iya bnr bgt tuh nilai soal dijawab bener= +4, kosong=0, salah=-1

  20. Hai, thanks buat imponya yah!
    Gw minatnya HI UGM ma Eknomi UGM.

  21. oke..gudlak dah!
    moga ntar ketemu di ospekan ugm!hahaha

  22. mw tnya nii,,

    kn jmlh pminat FK UGM taun lalu 799 orang. .

    kira2 q bsa g ya???

    gtu tu yg dftar snm-ptn, FK khususnya, nag pinter2 smw pa bnyag yg cuma coba2 y?

  23. masalah bs pa ga bisa tu tergantung usaha km, dan tentu saja keberuntunganmu…
    kalo dibilang yg ndaftar anak pinter semua jg gak juga y, tp kl diliat peminatnya banyak gitu ya liat2 donk yg mo milih masa dengan otak pas2an ttp mau ikut masuk dlm persaingan keji…hehe

  24. ya kali aja da yg udah ktrima lwad UM ma PMDK truz mw coba2 snm-ptn gtu..
    hhe,,

    smangat,smangat!!!

  25. Hai maz.. Mau nanya neh. Q pgn masuk tek industri neh. Tp blm t bner ttg tek ind. Emx tekind tu mmpelajari ttg ap ciy? Trz gmn prospek kdepannya ney? Thx a lot..

  26. menurut temenku yang anak T.industri, TInd tuh ibaratnya jurusan ekonominya teknik. Jadi gak terlalu taknik bgt, banyakan dr sisi ekonominya macam manajemen, entrepreneurship dsb gitu.. menurutku prospeknya bagus buat bidang industri…

  27. Owh gt. Wah,brarti banyak ilmu ekonomiN y? Trz peluangN gmn tuh? KayaE sainganN berat ya..

  28. blh tny g?
    jrsn pa yg PG ya kcl tp peluang krj ya bsr?
    baik ipa n ips

  29. kak..mau naya ne…
    jursan manajemen hutan ko ga da de passing gradenya???
    kalau boleh tau brapa se PGnya?? soalnya di atas g ada..!!!
    trimszz

  30. @reinz: ya menurut tmnku y krg lebih gitu, pokoknya ga terlalu teknik bgt yg banyakan fisika+matematika… tp aku blm pernah kul di T.ind jd krg tau lbh mendetil…hehehe

  31. @Aris chan: munngkin km bs nglirik prodi-prodi di fakultas pertanian atau teknologi pertanian. tau sendiri kan negara kita tuh negara agraris? atau beberapa prodi di teknik jg ada yg PGnya ckp rendah… sorry buat yg IPS kurang tau…

  32. sorry nih aku gak dapet PG manajemen hutan…
    tp sekedar buat bayangan, bs liat perbandingan daya tampung ma peminatnya di http://kumbangjantan.wordpress.com/2009/04/25/daftar-daya-tampung-mahasiswa-baru-ugm-jalur-snmptn-2009/

  33. Hmm, trz gmn soal SPMAnya? KtN klo lewat snmptn di Ugm ttp hrz ngisi SPMB pas dftar ya? SpmaN sm ky UM atw lebih mahal?

  34. SPMA sama kayak yg UM,emg hrs ngisi jg..tp kl gak ngisi, biasanya kena SPMA yg plg murah,misal 5jt gitu..
    pengalamanku dl waktu msk ugm lewat spmb 2006, khusus jalur spmb mlh SPMAnya bs dicicil 3X,enak kan… tp ga tau kl taun ini msh bs apa gak.

  35. Lah trz ntu ngisiN pas udah dtrma atw pas registrasi pndftran? Hmm gt yaa. Emg boleh ga ngisi? Thx ea maz ats informasiN..

  36. setauku ngisinya pas ndaftar snmptn. emg rencana mo ikut ujian dmn ni? katanya c kl gak ngisi, dapetnya “harga” default-nya spma yg plg murah..

  37. oy kak,aq mw tny prodi UGM yg dya tmpungny bsar trz pluang ktrma agk gdhe paan ya?trz kl msk UGM lwt snmptn ssh g sch?thx

  38. Mw uj di jogja ja. Oya,bener ga c maz klo tesN bkn d t4 pilihan prtma peluang ktrmaN d pilhn prtma jd mkn kcl?

  39. kalo mo liat2 prodi ugm yg peluangnya agak gede,liat aja di http://kumbangjantan.wordpress.com/2009/04/25/daftar-daya-tampung-mahasiswa-baru-ugm-jalur-snmptn-2009/ yah…

    @reinz: gak juga lah, yg nentuin ketrima ato nggaknya kan bkn universitasnya tp panitia pusat snmptn. dulu aja aku 2 pilihan UGM semua padahal tesnya gak di jogja…

  40. mz,
    isa ngasi almt website ttg jurusan2 mmpelajari pa ja gt g?
    kn kdg Q sk binun misal bdaNa elins ma tek. elektro mempelajari pa gt..

  41. coba di http://www.carikampus.com , coba di browse aja… kan ada pilihan2 fakultas dan prodi tuh..
    kalo gak googling aja, banyak tuh..

  42. mas mo nanya ne.
    wakktu um ugm 2009 kmrn q lolos seleksi tahap 1 d jur.antroologi budaya. tp g tk ambil.(ntu pilian k 3)
    low q daptar snmptn’a ugm lg,,,kira2 masi ad kuota bwdq g ya??
    coz denger2 low um ditrima tp kga d ambl bkln di blacklist….
    emg bener ya??
    q berharap bgt ne,,masuk ugm…
    plizzz…help me…
    tlg direply ke : kupit_212223@yahoo.com
    anyway thanks.

  43. emg aturannya,buat yg ktrima um ugm tp gak diambil, bakal kehilangan haknya kul di ugm dari jalur apapun selama 2 atau 3 taun…
    tp waktu 2006 ada kok tmnku yg keterima um ugm tp g diambil (katanya mo nyobain Akpol dulu tp malah ga ketrima), trs dia nyoba spmb diterima di jurusan yg sama kaya um…

  44. Oya maz,klo TPA t jg nntuin kan. Sktr 30% gt kan? Ad ga maz situs yg nyediain soal2 smcm tes psikologi gt. Kan lmyn tuh bwt lathn. Maz,Q mw mnt prtmbangan dr maz neh.Yah,emg bkn ttg UGM c. Tp gpp kan. Itung2 maz lbh tw bnyk gt. Kan rncn Q mw cb snmptn KU-unair ma ugm. Pi ugmN msh blm tw jurusan pa. Klo UM unair t KU min 150juta.Klo lwt snmptn c brp ya SpmaN? Ga mgkn sgtu jg kan? Thx

  45. saya mahasiswa teknik fisika UGM angkatan 2007.
    saya heran dengan fenomena passing grade yang ada pada bimbel2 di indonesia. tiap bimbel punya angka yang berbeda. kenapa bisa begitu, harusnya sama donk!

    entah darimana juga para bimbel itu bisa mendapatkan passing grade tersebut. biar tau aja ya, pihak kampus manapun, tidak pernah mempublikasikan nilai dari tiap peserta ujian masuk. saya juga sudah memastikannya ke akademik UGM. dan saya kira bohong semua itu. yang penting itu adalah daya tampung dibandingkan peminatnya. sehingga kita bisa membandingkan susah gaknya masuk jurusan itu.

    so saran saya, belajar lah seperti biasa, soal2 tahun sebelumnya dibahas. buatlah target pencapaian berapa soal yang kamu bisa kerjakan dari 150 soal. tapi saranku, kalo mau masuk jurusan yang sangat favorit, pasanglah target, minimal jumlah benar 80 soal dan tanpa salah. waktu saya ikut UM UGM dulu, setelah dipriksa, saya bener 101 soal.

    tetep semangat yaaa…

    NB:kuliah di mana aj ok, menurutku. yang penting kuliah yang bener dan jangan lupa berorganisasi. karena keduanya harus ada ketika kamu lulus. gak jaminan kul di kampus favorit trus dapet kerja. setelah kamu melamar kerja nanti, yang dilihat bukanlah kepintaran kamu, tapi kamu tu BISA KERJA GAK?
    memilih kampus juga jangan sembarangan, usahakanlah kuliah di universitas negeri.
    terima kasih atas kesempatannya

  46. ReinZ Says:
    11 May 2009 at 18:12

    Mw uj di jogja ja. Oya,bener ga c maz klo tesN bkn d t4 pilihan prtma peluang ktrmaN d pilhn prtma jd mkn kcl?

    menurutku: bisa jadi seperti itu. semakin dekat letak kamu ikut test dengan lokasi pemeriksaan jawaban, kans nya lebih besar. maksud di sini adalah, jika jarak semakin jauh, ada kemungkinan lembar jawaban akan rusak. hanya masalah teknis saja, kalo nilai aslinya tak akan berkurang jika makin jauh.

  47. @ ikhsan: salam kenal. betul sekali, yg plg penting adlh mantapkan pilihan jurusan dan matangkan “persenjataanmu”(belajar maksudnya…)

    yg aku tau bimbel2 itu dpt nilai2 terendah tiap jurusan dari sumber mereka sendiri, mungkin dari org2 dalam di universitas atau tiap prodi dan cara penghitungan PGnya memiliki standar sendiri2 sehingga hasilnya akan beda2…

    tapi biarpun bs dibilang kurang akurat,plg gak bs dipake buat patokan milih jurusan sesuai kemampuan kita.

    oh ya,emang yg mengoreksi jawaban snmptn itu panitia pusat, atau tiap universitas yg dipilih? kalo milih 3 univ yg berbeda gmn, siapa yg mengoreksi?

  48. @ReinZ: kalo diliat bobot TPA yg 30% ya cukup besar jg pengaruhnya. wah sorry nih aku gak ada linknya buat contoh2 soalnya.
    sorry jg kl SPMA unair aku kurang ngerti…

  49. @ReinZ: kalo diliat bobot TPA yg 30% ya cukup besar jg pengaruhnya. wah sorry nih aku gak ada linknya buat contoh2 soalnya.
    sorry jg kl SPMA unair aku kurang ngertiā€¦

  50. Ok. Thx 4 all maz..

  51. Maz,
    mwu ngmgin isi blogmu niy.. g ttg SNMPTN,tp artikel boediono ittu.. Q uda bc,smpt g nyangka jg kL tnyta rumaNa sdrhanaaaa bgd. Hemm,emg gaji waprez brp ea,mpe rela ninggalin jbatan gub. BI? hehe (“,)v

  52. wah jadi OOT nih…
    gaji wapres RI “cuma” Rp 57,2 juta, sedangkan gaji sebagai gubernur BI mencapai Rp 165 juta! turun 108 juta donk…

    mungkin dia emg bukan orang yg gila harta dan tujuannya pgn jd wapres sbg wujud pengabdian… kalo emg dia gila harta dan kekuasaan ngapaen ninggalin jabatan “makmurnya” dan rela dikatain macem2 atau bahkan difitnah…

  53. Abir baca tulisan yang kuota snmptn,wah gila ye kuota snmptn dikit banget,
    untung gw uda keterima di elins ugm
    lewat utul
    alhamdulillah

    bener kata masnya ini,belajar lewat soal2 taon2 dolo,
    gw aja mule belajar dari soal2 sipenmaru,snmptn,ama soal2 um ugm mule 10tahun yang lalu..
    Fiuh

    tetep semangat buat snmptn gan!

  54. wah selamat deh udh ketrima di UM UGM… welcome to elins planet

  55. mas..
    penyuluhan dan komunikasi pertanian ugm nerima 5 kursi lwt snmptn dan peminat taun lalu 7 org. Emgnya jmlh mhsiswanya brp kok dkt bgt ky’ny?
    kira” peluangny gmn?
    tp itu jurusan pasti ada mahasiswanya kan?

  56. waduh sorry kl penyuluhan n komunikasi pertanian aku kurang tau jumlah mhsnya…
    tp ya pasti ada lah jurusan itu…

  57. Bagus nih infonya mas,, saya tolong dikirimi email alamt website versi lain yang isinya pass grade SNMPTN utk PTN ya (nanasfrenzy@yahoo.com)

  58. Mas minta saran nuy..Sebaiknya kalau snmptn tu mendingan ngambil yg peminatnya dikit tp q radak gak dong dengan jurusan itu atau jurusan yg qt suka tp peminatnya banyak??Dlm hal ini aq mau pngn masuk administrasi negara tp takud ga ktrima kayak UM kmaren jadi saya ngincer yg pminatnya dikit2 aja kaya antropologi budaya,sastra indo,ilmu sejarah,mohon pencerahanya..

  59. @wicaks: mending km googling aja,banyak kok yg ngasih tau passing grade PTN dr berbagai versi…

    @afree: jangan lah pilih jurusan yg sebenernya gak km suka, kalopun km ngincer yg peminatnya gak terlalu banyak ya usahakan yg “nyerempet2″ dgn minatmu. jgn sampe km milih jurusan yg bnr2 km gak suka dan mudeng drpd nyesel entar2..

    seumpama nih km suka IT dan komputer tp ngerasa gak mampu masuk T.Elektro atau ilmu komputer, coba aja Elins yg mempelajari hal yg sama tp peluangnya lbh besar. ya contohnya gitu kira2…

  60. Thx mas..mau tanya lg ne..Gini kalau misalnya jurusan A daya tampung SNMPTNnya 10 trus pan ada orang yg ktrima UTUL di jurusan itu tp ga diambil..Trus daya tampung SNMPTN jurusan itu jd nambah 1 ga??

  61. kayaknya ga ada ketentuan kayak gt deh, tp aku jg kurang ngerti hal ini…

  62. kok passing grade ugm kecil?
    pdahal kursinya dikit?

  63. passing grade kecil dibandingkan apa nih?

  64. Uiy maz. Q nongol lg ney. Mgkn maz blm denger. Bout UMB kmrn. KtN anak yg ikt kmrn, ktN sebagian soalN tu analisis. Hmm,kaya Ipa terpadu gt. Soal2 yg sprti biasaN cm dkt. Mnrt maz, mgkn ga klo Snmptn bsk jg bgto. Trz gmn mnrt maz cr mnsiasatiN. Msl ya, emg soalN ky gt, lebih baik mnjwb tp ga pzti ap mndg ga djwb? Coz pazti klo mw jwb hrz tw dan paham dasar teoriN kan? Thx

  65. oh ya soalnya kayak IPA terpadu gitu?
    kalo aku disuruh milih, mending nembak aja… menurut pengalaman sih peluang dapet poin ttp lebih besar kl nembak drpd ga diisi…

    tapi nembaknya jg jgn asal tebak, paling gak km udh tau dikit2 lah,.. misal dr 5 pilihan jwbn, km eliminasi pilihan jd tinggal 2 yg paling mendekati/kira2 plg bener… nah km nembak di antara 2 itu…

  66. kemaren aku ikut um ugm ngambil jurusan ilkom, t.sipil, perencanaan wilayah kota. dg spma 5 jt. tp gak ketrima. kira kira dengan kemampuan otak gue yang segitu dongonya gw bs ketrima di fisika teknik ugm gak yah…..?

  67. @hari: kalo km yakin dengan pilihanmu,ambil aja…
    hal yang terpenting saat ujian SNMPTN adalah ketenangan.
    kamu ikut snmptn seolah2 cuma buat iseng,kl keterima syukur kalo ga ya masih banyak kampus yg mau nerima…
    Yg penting jgn ngerjain di bawah tekanan!

  68. Ok. Pi, kdg2 nembak yg kyN udah jlz bener bnyk yg slh jg. Pa lg smcm ipa terpadu. Oya,apa di snmptn ada pembobotan per mapel maz? MslN klo milih KU, bioN hrz bgs. Gt ga?

  69. wah kl udh nembak yg kr2 plg bnr dgn perhitungan yg paling mendekati, berikutnya yg nentuin tinggal doa kita aja… hehehe,,,
    gak ada deh pembobotan mapel berdasar jurusan yg dipilih…

  70. He,mentok2N klo ga tw pzti y tggl brdoa mg ja beja. Haha.
    Panlok Snmptn di UGM sebelah mn ya maz?

  71. iya donk,setelah kt udh berusaha semampu kita, biarkan doa kita yg bekerja…
    kalo gak salah di UGM tuh di GSP sebelah barat…

  72. Aslmualaikum.w.w mas, trimakasi bgt infonya… doain smg aku lulus snmptn ini y.. aku dr bandung nih mas.. mau tanya klu sastra indonesia d ugm emangny ga begitu menonjolkah? peminatnya sedikit, daya tampungnya jg lebih kecil dr sastra arab.?? tp bnr kan PG-ny 13,38%?? skali lg trimakasih n,n

  73. waalaikumsalam.wr.wb.
    yup sama2,kudoain ya moga km lulus snmptn ini…
    sastra indonesia menonjol dlm hal apa dl nih?kl dlm hal peminat ya emang sih peminatnya lbh kecil dr jurusan lain…ya dr yg kudapet emg PGnya segitu…

  74. kak,,mw nnya klo prodi ilmu administrasi niaga itu pelajarin apa aja yaa??

  75. administrasi negara kali yah?
    jujur deh aku sendiri kurang paham…

  76. ok deh.. makasi mas,, makasi jg uda d app fb-ny.. klu lulus (mdh2an lulus,, a..minn), smpai ktmu..

  77. yup oke sampe ketemu di ugm y! semangattt…!

  78. O iya.. Thx bgt y maz.. Smg Q bs deh ntar ktrma lwt snmptn.Amin…

  79. Yg baca ini, doakan aku ya, smg no ujian 109-41-00522 panlok unsoed bs lolos snmptn. Amiin..
    Fk ugm, tunggulah aku..

  80. amin..amin..amin… kudoain yg mampir ke blogku lolos snmptn semua ya!! hehe

  81. Maz,
    ni dtik2 uda mwu snmptn..
    Q mwu nyempatin blg mksi dl niy,hoho. . Bwd mua info2 d blog ini yg alhmdulillah bmanfaat..
    Doain Q jg hlu biar sukses snmptn,amiin. . .

  82. wah iya nih besok udah SNMPTN aja, udah 2 hari ini jg ugm banyak didatangi lulusan2 sma yg nyari ruangan bwt ujian…
    ku seneng kok kl tulisanku bs bermanfaat buat org lain,apalagi kl bs bikin tambah termotivasi…
    Kudoain semua yg udh mampir kesini sukses SNMPTNnya, ketrima di univ2 n jurusan yg dipengenin… AMIN!!!

  83. [...] April lalu aku posting tentang passing grade UGM, setelah kupikir-pikir kok aku bakal jadi angkatan tertua (tingkat 4) ya… Adikku bakal ada 3 [...]

  84. Haloww mass..gmana kabarnya..ahirnya SNMPTN q lewati jg.wlau dngan susah payah gara2 waktunya kurang(cuma 1jam)yg membuat rada musmet.he3..mas mau nanya..p pan mau ngambil ugm tp aq daftarna di uny coz ngikud temen2ku..singkat crita q dh ngbaliin frmulir n dh dpet krtu pserta.e stelah itu saya ru dkasih tau tmenku log ngambil ugm harus ngisi formulir spma.tp masalahna ug saya ga dikasih formulirnya?smpetnya2 tmen2 sya yg dftar di uny jg ga dikasih.lha udah deh ahirna saya ga ngisi spma na.kira2 ini mempengaruhi hasilna ga ya mas?gimana ini??binun.he3

  85. makasiih yaaah jadi ada gambaran .
    aku ujian taun dpan niih doaiin yaaah . hehe

  86. hmm aku pengen tanya , kalo mnurut mas kalo anak ipa ngambil jurusan kuliah yang sosial gmana ni cara blajarnya ?

  87. Hm oia mas aq lg bingung neeh .skarang aq anak sma jurusn ipa ,nah aq pgn kul di HI ugm .aq bgg milih plihan kdua ktiga nya .trus lbh baek aq ambil bimbel ipa or ips ?
    Dtgu bgt mas jwbn ny. .nuwun . .

  88. @afree: kbrku baik kok.. Gak masalah, coz kl ga ngisi spma ntar kl ketrima defaultnya dpt spma plg rendah kr2 5-10jt…

  89. pngumuman snmptn bntar lgy nih ..
    doakan sy ya mas .
    sy ambl tek kim UGM nih .
    ktrima ga ya …
    hufh deg”an .
    pengen jd anak jogja ..

  90. wah udah tgl1 agustus aja nih…
    ada apaan ya? hehe,ternyata pengumuman SNMPTN!!
    kudoain pada sukses ya…

  91. mas,,tau tentAng fak.teknologi industri pertanian gag??? jelasin donk tuw konsennya ke materi apa? (pertanian ngapainnya gt hehe)
    thx beraTT..

  92. Mas, emg bener ya kalo pil1 fk, pil2 farmasi, trz fk’y ga ketrima, farmasi’y jg ga bkal diterima y? Inti’y farmasi ga mw nerima “buangan” dr fk.. Bner ga sii? Bwt prtimbangan um th dpn ni. Mksii..

  93. @ Afri mow nyoba jwb yah..
    ‘buangan’ tuw gag bener. snmptn tuw bner2 dinilai dari hasil tes km,,
    kalo nilai tes km gede mencukupi u/ dapet pilian1,,so km langsung digelandang masuk sana tanpa ada hak bwt km u/ milih pilian 2 karena apa yang uda ditulis pada pilian1 tuw ud jadi prioritas pilian utama km j kalo uda dapet pilian 1 km gag boleh minta pilian 2 meski nilai km mencukupi di ke-2 pilian itu,,,,tapi kalo nilaimu hanya mencukupi pilian kedua ya langsung ktrima jg tinggal registrasi,,kalo masi binun gabung aja di spmblover.18.forumer.com >>>> promosi iyah,,tapi daripada km pnya segudang ptanyaan tak tselesaikan mending masuk sana aja km isa tanya apapun dari fakultas ampe univ,,, smangat yah!!

  94. @Putri.. makasih ya.. aku juha udah nanya ma temenku yang kebawa farmasi kemarin, katanya ada kok yang ga ketrima di fk, tp ktrima di farm.. jd lega sekarang..

    oia mas, mau tanya lagi niih..
    kalo kartografi dan penginderaan jarak jauh ada ceweknya ga? cocok ga sih nanti kerjaannya buat cewek??

  95. @afri: sorry ya pertanyaannya jd dijawab ma bawahmu itu.. kartografi & inderaja? ada lah cewenya, gak sedikit malah.. tmnku jg ada yg kul disitu kok cewek… ya menurutku sih cocok aja, walopun km hrs siap2 lbh macho!heheh

  96. Hm..gitu ya.. oke oke..
    boleh dicoba tuh tahun depan.
    makasih ya mas..

  97. Propek jur.pertaninan n’ peternakan gmana mz di ugm

  98. sorry, numpang nanya. kira2 peminat fkg ugm sebanyak apa ya kalo dibandingin dengan fk dan ilmu gizi? terus kalo ilmu gizi tuh nulis di jurusan pilihanya apa ya?(tetep tulis fk ilmu gizi atau gizi kesehatan saja) bales ke email aja ya. thank you.(adelanindit@hotmail.com)

  99. nak IPS leh pilih ato masuk jrsn Geografi ???

  100. .pngn msuk psiko ato gikez. . .
    .hm, psiko ugm bkn na msuk ipa maz? . . .

  101. @Virescent: boleh2 aja kok.. tapi harus siap ikut UM UGM/SNMPTN ambil IPA yang soal2nya fisika, biologi, kimia, matematika IPA. berarti butuh persiapan lebih.

    @cha: masuk aja, boleh kok main2 aja ke kampusnya psiko ma giskes..hehehe
    Psikologi masuknya IPS..

  102. ngawur banget. peternakan lebih tinggi dari geologi :D

  103. passing grade KU UGM 55% tuh ngitungnya berdasarkan apa? berdasarkan skor jumlah nilai atau jawaban benar tiap soal?

  104. Mas, minta doanya ya buat SNMPTN 2011 tanggal 3 Mei-1 Juni 2011 mendatang, soalnya UM UGM 2011 kan udah ditutup dan dialihkan ke SNMPTN 2011. Terima kasih banyak.

  105. 31 Mei-1 Juni 2011 mendatang, maksudnya

  106. Mas……apa see tips n tRik loLos ptn..,

  107. kak kalo pariwisata itu ada ga yang s1 apahanya d3 saja dan passing gradenya berapa? mohon di jawab ya kakak makasih

  108. mas, kalo fkg ugm gradenya berapa?

  109. hai . . .
    q bru mw lu2s sklah SMA doaen ea spya cpt lu2s ,soalnya q udah ikt dftar SNMPTN d UGM n q ngmbl jurusan kartografi dan pengindraan jarak jauh ,v yg wat mslahnya q belum2 sma sekali ngrti gmna tuh kas!h penerangan dong please …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: